Sosok Brigadir Risha Dwi Ramadaniati, Polwan Trenggalek yang Diterjunkan Pengamanan TPS

oleh

Polres Trenggalek – Keberadaan seorang Polisi Wanita (Polwan) dalam pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di salah satu TPS tepatnya di desa Parakan cukup menyita perhatian sejumlah masyaraat yang akan menyalurkan hak pilihnya. Rabu, (14/2).

Bagaimana tidak, hampir keseluruhan petugas pengamanan TPS khususnya di Kabupaten Trenggalek didominasi oleh polisi laki-laki sehingga kehadiran seorang Polwan di TPS dinilai cukup langka.

Adalah Brigadir Risha Dwi Ramadaniati, S.H. seorang bintara Polri yang sehari-hari bertugas di Satbinmas Polres Trenggalek. Polwan cantik yang juga ibu dari dua anak ini mendapatkan tugas sebagai salah satu petugas pengamanan TPS di Desa Parakan. Tidak hanya satu melainkan 8 TPS sekaligus.

Tak mau setengah-setrengah, Brigadir Risha benar-benar totalitas dalam menjalankan tugasnya. Ia terlihat aktif melakukan pengamanan. Kolaborasi bersama petugas dari TNI, Linmas maupun stakeholder lainnya dalam menyukseskan Pemilu 2024 ini juga dilakoninya dengan baik.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. menerangkan, dari 321 personel yang terlibat pengamanan TPS, dua orang diantaranya merupakan polisi wanita. Selain Brigadir Risha Dwi Ramadaniati, ada satu lagi Polwan Polsek Kampak yakni Bripka Alfiyah, S.H. yang ditugaskan pengamanan TPS di desa Sugihan Kecamatan Kampak.

“Keduanya ditempatkan sesuai dengan penugasan Bhabinkamtibmas masing-masing.” Jelas AKBP Gathut.

Meski berstatus Polwan sekaligus Ibu, namun keduanya dinilai memiliki kompetensi, kapabilitas dan integritas yang mumpuni sehingga bisa menunaikan tugas pengamanan TPS dengan baik.disamping itu, sosok keduanya yang merangkap sebagai Bhabinkamtibmas sudah barang tentu lebih mengenal karakter masyarakat dan lingkungan setempat.

Sementara itu Brigadir Risha menuturkan, dalam pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dirinya tidak mengalami kesulitan yang berarti. Selain karena sudah dikenal oleh warga setempat, jarak antara rumah dan tempat ia bertugas relatif tak terlalu jauh sehingga diwaktu senggangnya masih bisa menengok yang buah hati walah hanya sebentar.

Dalam prosesnya, Brigadir Risha sendiri juga terjun langsung melakukan pengawalan logistik Pemilu sejak beberapa hari yang lalu untuk memastikan seluruh sarana prasaran pendukung di TPS benar-benar tercukupi dan tidak ada kerusakan maupun kekurangan. Bersama unsur tiga pilar, ia juga melakukan patroli bersam auntuk memastikan situasi tetap aman dan kondusif.

“Alhamdulillah semua lancar. Dukungan dari keluarga dan rekan rekan lainnya juga sangat membantu.” Ucapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.