Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023, Kapolres Trenggalek: Kesiapan Amankan Nataru

oleh

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka `Operasi Lilin Semeru 2023`. Apel Gelar pasukan yang diselenggarakan di halaman Mapolres Trenggalek ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sarpras serta wujud konkrit kesiapan Polres Trenggalek dalam pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Kamis, (21/12).

Pemberlakukan Operasi Lilin Semeru 2023 ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Kapolres Trenggalek bersama Forkopimda kepada perwakilan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub disaksikan oleh seluruh peserta apel dan segenap tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadirkan pula sarana prasarana penunjang penunjang baik dari Polres Trenggalek maupun instansi terkait. Menairiknya, beberapa diantaranya merupakan peralatan pendukung dalam menghadapi potensi terjadinya bencana hidrometeorologi baik dari Polres Trenggalek, BPBD maupun dari Basarnas.

AKBP Gathut menegaskan, momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

“Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi `Operasi Lilin 2023` selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.” Jelasnya.

Pihaknya menambahkan, Operasi Lilin Semeru 2023 di Kabupaten Trenggalek melibatkan sedikitnya 250 personel didukung oleh didukung rekan-rekan TNI, pemerintah daerah, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait.

Beberapa hal yang menjadi fokus pengamanan Nataru diantaranya adalah kegiatan perayaan Natal di sejumlah gereja dan rumah ibadah, kegiatan masyarakat, kelancaran lalu lintas, lokasi wisata maupun aktivitas masyarakat yang merayakan tahun baru.

“Kita optimalkan upaya pencegahan terhadap potensi gangguan Kamtibmas seperti terorisme, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, kriminalitas, termasuk diantaranya adalah petasan maupun balon udara.” Imbuhnya.

Guna mendukung jalannya operasi, Polres Trenggalek akan mendirikan sedikitnya 3 pos pengamanan dan pelayanan Nataru yakni di Pasar Pon Trenggalek, Durenan dan Watulimo.

Terkait antisipasi bencana alam, AKBP Gathut mengatakan, pihaknya telah menyiagakan sejumlah personel khusus berikut perlengkapan yang dimiliki. Tidak berhenti disitu, pihaknya juga memastikan sinergitas dan koordinasi dengan stakeholder terkait berjalan dengan baik sehingga secara keseluruhan siap digerakkan sewaktu-waktu.

“Tadi kita sudah melakukan pengecekan kesiapan dan langkah antisipasi. Semua sudah siap.” Tambahnya.

Disinggung tentang kemungkinan kemungkinan kepadatan arus lalu lintas menuju lokasi wisata di pesisir Watulimo melalui Jalur Lintas Selatan (JLS), AKBP Gathut menegaskan kerawanan paling tinggi adalah kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu, pihaknya akan menempatkan personel dan meningkatkan patroli disepanjang jalur tersebut.

“Saya imbau kepada masyarakat maupun pengendara yang melalui JLS agar lebih memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan. Jangan berhenti disembarang tempat. Kalau ingin berswafoto lakukan di tempat-tempat yang telah disediakan.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Dandim 0806 Trenggalek, Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A., Bupati Trenggalek yang diwakili Sekda Drs. Edy Supriyanto, Kajari Muhammad Akbar Yahya, S.H., M.H., Ketua DPRD Samsul Anam, S.H., M.M., M.Hum., Kepala OPD, perwakilan dari Perhutani, Basarnas, Kwarcab, serta organisasi masyarakat.

No More Posts Available.

No more pages to load.