Kapolres Trenggalek: Totalitas Amankan Pilkades Serentak

oleh

Polres Trenggalek – Ratusan personel gabungan dari berbagai instansi dan stakeholder mengikuti Apel Gelar Pasukan  pengamanan Pilkades serentak yang diselenggarakan dihalaman Mapolres Trenggalek. Selasa, (24/10).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengungkapkan Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk mengetahui secara pasti tentang kesiapan dan persiapan, baik personel maupun alsus serta semua unsur perkuatan yang terlibat dalam rangka pengamanan pilkades serentak tahun 2023 sehingga tidak ada keraguan dalam melaksanakan tugas dilapangan,

Disamping itu apel kesiapan pasukan juga dimaksudkan sebagai respon semua unsur pelaksana operasional, untuk menyelaraskan pemikiran komitmen dan keseriusan guna memberikan jaminan rasa aman bagi seluruh warga masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek

“Sehingga diharapkan seluruh tahapan kegiatan pengamanan dapat terselenggara dengan aman, tertib dan lancar.” Ucapnya dihadapan peserta apel yang terdiri dari personel TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas.

AKBP Gathut menegaskan bahwa Pilkades merupakan etalse terdepan demokrasi yang wajib disukseskan bersama.  Melalui pilkades ini, masyarakat berharap munculnya figur pemimpin serta sistem pemerintahan desa yang dapat membawa kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan.

Pihaknya menambahkan, perbedaan pendapat atau pilihan merupakan hal yang wajar terjadi dalam demokrasi yang tentunya harus dihormati. Pihaknya menegaskan bahwa dalam Pilkades hanya ada istilah calon `terpilih` bukan `menang atau kalah`.

Dengan demikian harus diberikan pemahaman kepada warga masyarakat agar tidak mudah untuk terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang arahnya akan menimbulkan kekacauan atau situasi tidak aman.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Gathut memberikan beberapa penekanan kepada seluruh petugas yang terlibat pengamanan agar melaksanakan tugas pengamanan dengan penuh Semangat dan disiplin serta dedikasi yang tinggi.

“Kepada para petugas keamanan saya minta totalitas dan professional dalam menjalankan tugas. Saya ingatkan kembali agar bersikap netral, tidak memihak dan tidak terlibat dalam proses politik praktis.” Tegasnya.

Sebagai informasi, dalam pengamanan Pilkades serentak ini, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya 175 personel Polri dibantu oleh TNI maupun Satpol PP dan Linmas. Keseluruhan personel tersebut terbagi menjadi beberapa Satgas diantaranya adalah Satgas Preemtif, Satgas Preventif yang didalamnya terbagi dalam subsatgas pengamanan di masing-masing wilayah Pilkades termasuk pengamanan TPS.

Ada pula Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Tindak yang bertugas pengendalian massa, Satgas Gakkum, Satgas Humas untuk penerangan publik dan memantau kejahatan siber, dan Satgas Bantuan Pengamanan atau Banpam yang terdiri dari logistik, propam, TIK dan Yankes.

Pilkades serentak itu sendiri akan diselenggarakan di 9 desa yang tersebar di 7 kecamatan antara lain desa Masaran Kecamatan Bendungan, Desa Salamwates Kecamatan Dongko, Desa Salamrejo Kecamatan Karangan, Desa Nglebo Kecamatan Suruh serta Desa Ngadirenggo dan Desa Wonocoyo, keduanya dari Kecamatan Pogalan. Selain itu ada pula Desa Banaran Kecamatan Tugu, desa Tanggaran dan Jombok Kecamatan Pule.

No More Posts Available.

No more pages to load.