Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Karangsoko

oleh

Polres Trenggalek – Sebuah kebakaran lahan terjadi di wilayah Jarakan Desa Karangsoko Kecamatan Trenggalek. kebakaran melanda kawasan hutan milik Perhutani Petak 114 A serta sejumlah kebun milik warga yang tak jauh dari lokasi. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Kamis, (28/9).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasihumas Iptu Suswanto menerangkan, kebarakan lahan diketahui terjadi mulai pukul 15.00 Wib sore tadi. Mengetahui hal tersebut warga berupaya memadamkan dengan alat seadanya.

Sekira pukul 16.30 Wib, api yang sempat menjalar ke perkebunan warga berhasil dipadamkan, namun masih terlihat beberapa titik api yang masih menyala di kawasan hutan. Warga kemudian melaporkan kepada aparat terkait.

“Iya benar. Luas lahan yang terbakar berkisar kurang lebih satu hektar. Diatas lahan ada tanaman akasia dan sengon buto, namun yang terbakar adalah semak dan ilalang.” Jelasnya.

Mendapati laporan tersebut, petugas gabungan yang terdiri dari personel Polres Trenggalek, TNI dari Kodim 0806, BPBD, Satpol PP dan Damkar, Perhutani, LMDH, relawan dan warga setempat berupaya keras memadamkan api menggunakan apar dan peralatan seadanya.

Untuk mencegah semakin meluasnya area kebakaran, petugas membuat sekat bakar atau yang biasa disebuit ilaran dan melalukan penyemprotan air. Sementara petugas lainnya memadamkan api dengan cara gepyok menggunakan ranting pohon yang didapat disekitar lokasi.

“Api berhasil dipadamkan sekira pukul 20.30 Wib. Untuk penyebabnya masih kita lakukan pendalaman.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.