Lepas Peserta Lomba Gerak Jalan, Kapolres Trenggalek: Bangun Karakter Kebangsaan

oleh

Polres Trenggalek – Rangkaian peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Trenggalek sudah mulai berjalan. Beberapa hari terakhir, Berbagai kegiatan telah tergelar. Salah satu diantaranya adalah lomba gerak jalan bagi para pelajar mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menangah (SMP/SMA).

Tak mau ketinggalan, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. turut hadir meramaikan dan memberangkan peserta gerak jalan bersama jajaran Forkopimda lainnya di depan Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kabupaten Trenggalek. Kamis, (10/8).

“Kita gugah kembali semangat nasionalisme dan patriotisme khususnya dikalangan para pelajar.” Ujar AKBP Gathut.

Orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini menuturkan, seperti kita ketahui bersama ditengah lonjakan teknologi yang demikian cepat serta banjirnya informasi dan budaya melalui saluran internat berpotensi merubah pola pikir dan cara pandang masyarakat terhadap karakter kebangsaan.

Oleh sebab itu dibulan kemerdekaan ini, merupakan momen tepat untuk menggelorakan kembali semangat juang serta membangun wawasan kebangsaan yang kuat turatama bagi generasi muda dan pelajar Kabupaten Trenggalek.

Selain itu, lomba gerak jalan tersebut merupakan salah satu media pembelajaran untuk melatih kedisiplinan, team work, kekompakan dan kesolidan serta persangan yang sehat dengan menunjukkan kepiawaian dalam gerakan baris berbaris.

Sebagai wujud dukungan, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya 38 personel pengamanan. Keseluruhan personel terbagi menjadi beberapa tim kecil mulai dari pengawalan hingga pengamanan rute.

Pola pengamanan yang dilakukan tak jauh berbeda dengan pengamanan dalam kegiatan serupa sebelumnya yang mengedepankan preemtif dan preventif humanis berupa penjagaan pada simpang dan spot rawan dan pengaturan arus lalu lintas.

Gerak jalan itu sendiri menempuh jarak kurang lebih 8 Km melintasi ruas jalan di seputaran kota Trenggalek. Sedangkan rute yang dilalui adalah start dari depan pendopo tepatnya di jalan Pemuda, jalan Hasyim Ashar, jalan P. Sudirman, jalan KH Agus Salim, jalan WR Supratman, jalan KM Sarkoro, jalan Brigjen Soetran, jalan Soekarno hatta, jalan P. Sudirman, jalan Yos Sudarso, jalan Jln Basuki Rahmat, jalan Patimura, jalan Jaksa Agung Suprapto, jalan Diponegoro, jalan HOS Cokroaminoto, jalan P Sudirman dan finish kembali di depan Pendopo.

“Alhamdulillah, semua berjalan aman dan lancar.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.