Dirbinmas Polda Jatim Beri Motivasi dan Gugah Semangat Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek

oleh

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek menggelar bimbingan teknis Bhabinkamtibmas dan Polmas yang diselenggarakan di Aula Kantor PUPR, Kabupaten Trenggalek. Kamis, (10/8).

Tak tanggung-tanggung, dalam pelatihan yang diikuti oleh 157 Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek ini dihadiri langsung oleh Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi, S.I.K., M.PA. , didampingi sejumlah pejabat utama Ditbinmas Polda Jatim.

Dalam kesempatan tersebut, Kombes Pol Asep mengatakan bahwa kegiatan tersebut pada dasarnya bertujuan untuk merefresh kembali tugas, kewenangan dan tanggung jawab anggota Polri yang di tunjuk sebagai Bhabinkamtibmas.

Menurutnya, untuk menjadi seorang Bhabinkamtibmas harus memiliki beberapa kriteria dan kompetensi yang lebih dibanding dengan anggota Polri lainnya seperti komunikasi sosial yang bagus, visoner dan kreatif serta mampu berperan sebagai dinamisator Kamtibmas ditempat dimana ia ditugaskan.

Tugas pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat, menghimpun informasi dan pendapat masyarakat untuk memperoleh masukan atas berbagai isu tentang penyelenggaraan fungsi dan tugas kepolisian serta permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga melayani kepentingan masyarakat sebelum ditangani oleh instansi atau pihak yang berwenang, memibina dan melatih Satkamling serta melakukan tugas perbantuan menggerakkan wara untuk menanggulangi dan memulihkan keadaan baik bencana alam maupun non bencana alam.

“Bhabinkamtibmas itu multi talent. Dia bisa menjalankan fungsi Polmas, Samapta, Binmas, Reskrim ataupun intelijen berupa deteksi dini terhadap potensi gangguan Kamtibmas.” Ujarnya.

Bukan itu saja, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga memaparkan dan menjelaskan secara gamblang tentang peran Bhabinkamtibmas dalam Pomolisian masyarakat serta implementasi Polisi RW pada jajaran Polda Jatim.

“Bhabinkamtibmas harus sering sambang desa binaannya sehingga mendapatkan informasi dari masyarakat. Bhabinkamtibmas hadir, berbuat dan bermanfaat bagi warga masyarakat.  Jangan sampai menyakiti hati masyarakat. Silahkan berlomba-lomba dalam kebaikan.” Imbuhnya.

Tak ketinggalan, pihaknya juga menyatakan rasa kebanggaannya terhadap Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek yang dinilai memliki inovasi dan daya kreativitas tinggi serta telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. yang kebetulan turut hadir dan menyambut hangat rombongan mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Dirbimas beserta tim di Kabupaten Trenggalek.

“Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak. Jika bhabinkamtibmasnya aktif, keren, semuanya akan aman dan kondusif. Konflik sosial, masalah ekonomi hingga tindak pidana ringan bisa dan cukup diselesaikan oleh Bhabinkamtibmas.” Tegasnya.

AKBP Gathut meminta agar seluruh peserta yang hadir benar-benar memanfaatkan kegiatan ini untuk Ngangsu kaweruh, meninmba ilmu dan berdikusi tentang berbagai hal khususnya tugas-tugas dan kendala Bhabinkamtbmas di lapangan.

“Jangan sungkan untuk bertanya. Semoga kegiatan ini membawa manfaat dan berkah untuk kita semua.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.