Tiga Pilar Desa Dukuh, Bersinergi Untuk Deteksi Dini

80 views

Polres Trenggalek – Untuk menjaga situasi kamtibmas agar senantiasa tetap kondusif, maka harus selalu dibina kebersamaan dan sinergitas. Disitulah pentingnya kekompakan tiga pilar Desa yang meliputi Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala Desa.

Mereka ini sebagai pioner penggerak kamtibmas di lini terdepan sampai tingkat RT/RW harus selalu berkomunikasi. Dalam kesempatan kali ini, tiga pilar Desa Dukuh Kecamatan Watulimo Trenggalek melaksanakan kegiatan rutin dialog tatap muka membahas perkembangan situasi kamtibmas, khususnya antisipasi dan deteksi dini terhadap pengaruh aliran radikal.

“Sinergitas kami merupakan langkah penting untuk memperkuat ketahanan dari ancaman pengaruh radikal dan terorisme tersebut” ungkap Bhabinkamtibmas Desa Dukuh Bripka Ibnu Mubarok.

Hal senada juga disampaikan oleh Babinsa Desa Dukuh Sertu Supriyono, bahwa harus ada tindakan preventif melalui peran aktif tiga pilar yang didukung oleh tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh pemuda untuk mengantisipasi menyebarnya paham radikal dan terorisme.

Tidak hanya itu, “ketiga unsur pilar itu juga harus dapat membangun kemitraan, berpartisipasi aktif dan juga ikut pro aktif dalam kegiatan masyarakat yang dimaksudkan untuk melakukan pendeteksian dan pencegahan dini terhadap bahaya terorisme” tambah Drs. Sumarji Kades Dukuh.

Pada intinya mutlak diperlukan sinergitas seluruh pemangku kepentingan, untuk memperkuat ketahanan dari ancaman pengaruh radikal dan terorisme, sehingga situasi kamtibmas khususnya wilayah hukum Polsek Watulimo Polres Trenggalek selalu aman dan kondusif.

polres trenggalek

Posting Terkait