Polsek Munjungan Berbaur Dalam Budaya Kerukunan Hajatan Peresmian Masjid

107 views

Polres Trenggalek – Tradisi masing masing daerah tentunya memang berbeda beda walaupun hanya dalam satu wilayah Kabupaten Trenggalek. Kebersaamaan, gotong royong dan kerukunan Di Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek ini patut di jadikan contoh oleh daerah lain. Prosesi peresmian masjid menjadi budaya lokal masyarakat dengan menggelar hajatan layaknya acara hajatan pengantin dengan mengundang sanak kerabat. Dengan istilah jawa buwuh yaitu mengisi amplop uang sumbangan sukarela untuk membantu pembangunan masjid dan dengan suasana jamuan makan bersama. Semua lapisan masyarakat dari manapun menghadiri acara tersebut walupun berbeda agama.

Sebagai pengemban fungsi keamanan Polsek Munjungan Polres Trenggalek juga menjadi hal yang biasa, mendapatkan undangan peresmian masjid besar maupun musholla sewilayah Kecamatan Munjungan yang selesai pembangunan pasti ada resepsi peresmian. Begitu pula hari ini selasa 12/4/17, Masjid AL-IMDAD Dusun Gabahan Desa Tawing yang menggelar hajatan, tentunya secara otomatis seluruh personil hadir tanpa ada paksaan. AKP Totok Sudarto menuturkan, budaya kerukunan yang sudah lama berlangsung di Wilayah Kecamatan Munjungan ini patut kiranya kita promosikan kepada daerah lain yang ada Di Kabupaten Trenggalek.

Terlintas dalam acara ini adanya sebuah komunikasi dari semua kalangan, baik dari Instansi Pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Kesempatan ini tentunya tidak di sia-siakan oleh Kapolsek Munjungan Polres Trenggalek besrta selurh anggota sebagai media kebersamaan dalam menciptakan suasana kerukunan. Terlebih pesan pesan kamtibmas juga bisa tersampaikan saat ketemu Tokoh Agama dari Desa Bendoroto Kyai Imam Bashori yang merupakan panutan umat islam Kecamatan Munjungan. (red/iw)

 

polres trenggalek

Posting Terkait