Polisi Turun ke Sekolah Berikan Sosialisasi Tentang Tertib Berlalu Lintas

112 views

Polres Trenggalek – Penanaman pemahaman segala sesuatu hal akan lebih berdampak dan terasa hasilnya saat diberikan sejak dini. Cara pandang yang keliru selama ini dapat di rubah ketika pemahaman yang benar sudah ditanamkan pada anak-anak yang masih dalam masa perkembangan. Melihat kondisi psikologis yang semacam itu, Anggota  Polsek Tugu,Aiptu Nuriono yang mengemban tugas sebagai BKTM Desa Tumpuk menjalankan program Polisi Sahabat Anak di wilayahnya,Rabu (12/04).

Bagi siswa TK dan SD materi yang diberikan adalah penanaman secara dini pemahaman tentang polisi. Dikarenakan selama ini Polisi di mata anak-anak adalah sosok yang menakutkan dan sering kali dijadikan sebagai bahan orang tua ketika menangani anaknya yang nakal maupun rewel. Diharapkan dengan hadirnya para polisi di sekolah dan memberikan pemahaman, anak-anak tidak takut terhadap Polisi.Selain itu juga diberikan materi pemahaman beberapa jenis rambu-rambu lalu lintas. Materi yang diberikan oleh Polisi dalam Polsanak di tiap tingkatan berbeda menyesuaikan dengan usia dari anak yang menjadi sasaran.

Aiptu Nuriono menuturkan,Kegiatan Polsanak ini bertujuan untuk memperkenalkan tugas pokok Kepolisian lalu lintas dan pengenalan rambu-rambu lalu lintas pada anak usia dini, agar kelak saat mereka beranjak dewasa sudah mengerti dan memahami aturan-aturan lalu lintas di jalan raya.

Sebanyak 20 siswa-siswi MI Jumog Desa Tumpuk Kecamatan Tugu ini tampak bergembira mengikuti penjelasan dari anggota Polsek Tugu, tidak tampak rasa takut ketika bertemu dengan polisi. Anak-anak ini diberi penjelasan tentang seputar lalu lintas, seperti berbagai macam rambu, fungsi lampu lalu lintas, dan pentingnya menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor. Kegiatan yang melibatkan ini juga memberikan pemahaman tentang pelayanan polisi kepada masyarakat.

Harapannya melalui sosialisai ini, pelajar dan masyarakat dapat mengetahui dan mematuhi peraturan berlalulintas dengan benar. Dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, akan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.
Selanjutnya, sosialisasi ini pun mendapat apresiasi yang baik dari pihak sekolah. “Kami turut mengapresiasi gebrakan dari pihak anggota Polsek Tugu atas Bimbingan kepada siswa-siswi MI Jumog Desa Tumpuk Kecamatan Tugu untuk Memahami, menjalankan, dan tidak melanggar aturan berlalu lintas yang telah ditetapkan,” pungkas Kepala Sekolah MI Jumog Desa Tumpuk.

polres trenggalek

Posting Terkait