Peran Polantas Berikan Rasa Aman Masyarakat Trenggalek

114 views

Polres Trenggalek – Jajaran Satlantas Polres Trenggalek seperti tak punya lelah memberikan pelayanan dan menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas diwilayahnya. Sejak pagi sebelum masyarakat disibukkan dengan aktivitas rutinnya, anggota Satlantas sudah berdiri tegak dijalan hingga malam hari.

Seperti yang terlihat disepanjang jalan Sukarno Hatta hingga jalan Panglima Sudirman Trenggalek. puluhan Polantas lengkap rombi hijau, pet warna putih dan lampu senter sudah siaga dipinggir jalan sejak pukul 18.00 Wib hingga tengah malam nanti. Keberadaan Polantas ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat yang beraktivitas dimalam hari.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Heru Sudjio, SH menuturkan, selain petugas piket Poslantas, pelayanan dibagi menjadi 3 sift waktu yakni pagi hari dimulai pukul 06.00-07.15 Wib, siang hari saat kepulangan anak sekolah dan malam hari mulai pukul 18.00-23.00 Wib.

“Pada prinsipnya pelayanan masyarakat dilaksanakan selama 1X24 jam penuh, bergantung pada situasi dan kondisi dilapangan.” Jelas AKP Heru

Masih kata AKP Heru, pada situasi normal kegiatan yang dilaksanakan adalah penjagaan dan pengaturan lalu lintas termasuk membantu menyeberangkan jalan kepada masyarakat. Pada kondisi tertentu Polantas juga bertugas melaksanakan pengamanan, pengawalan dan penjagaan.

“Ya, misalkan ada kegiatan masyarakat, kita berikan pelayanan tersebut. artinya meskipun Polantas juga berfungsi sebagai polisi tugas umum”ujar Heru.

Khusus pada malam hari, keberadaan Polantas difokuskan pada lingkar kota dan jalur padat lalu lintas, yakni simpul dan titik-titik disepanjang jalan Sukarno-Hatta hingga lingkar alun-alun.

Keberadaan Polantas dinilai masyarakat cukup efektif menciptakan situasi Kamtibmas kondusif. Tidak ditemukan lagi balap liar yang dulu sering dilakukan diarea alun-alun. Selain itu juga meminimalisir niat dan kesempatan pelaku kejahatan

polres trenggalek

Posting Terkait