Peran Aktif Unit Binmas dalam Menekan Peredaran Makanan dan Minuman yang Mengandung Bahan Berbahaya

145 views

Polres Trenggalek-Kanit Binmas Polsek Kampak Aiptu Agus Wahyudi, S.H  memberikan penyuluhan kepada pedagang makanan dan minuman di depan pintu gerbang SDN 1 Ngadimulyo hari Sabtu (15/04).

Kesehatan adalah aset yang paling berharga dalam kehidupan manusia, dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan aktifitas, bekerja ataupun melakukan kegiatan yang bermanfaat dalam kehidupan ini.

Sering ditemukan di Indonesia berbagai penyalahgunaan pewarna yang tidak aman yang digunakan terhadap makanan. Badan Pengawas Obat dan Makanan sebenarnya  secara rutin telah melakukan survei di berbagai lokasi, terutama kepada para pedagang kaki lima untuk mencegah penyalahgunaan zat kimia berbahaya pada makanan.

Dengan maraknya pemberitaan di media cetak maupun elektronik perihal masih ditemukannya makanan dan minuman yang mengadung zat berbahaya, Kanit Binmas Polsek Kampak Aiptu Agus Wahyudi, S.H  bersama anggota turun gunung melakukan tatap muka dengan  para pedagang makanan pentol goreng  di depan pintu gerbang SDN 1 Ngadimulyo Kecamatan Kampak. Selanjutnya Kanit Binmas memberikan penyuluhan tentang bahaya makanan dan minuman yang berdampak buruk bagi kesehatan contohnya zat perwarna tekstil, borax, formalin/pengawet dan lain sebagainya.

“Lebih baik mengunakan pewarna tradisional contoh kunyit, daun pandan dan lain sebagainya, dari pada menggunakan bahan berbahaya yang berdampak negatif bagi kesehatan”pesan Aiptu Agus Wahyudi, S.H .

“Saya tidak mengunakan apa-apa pak, dijamin pentol saya ini tidak sampai mengunakan pengawet maupun pewarna buatan, karena tidak sampai sore sudah habis“ucap pedagang pentol yang ramah tersebut.

Dengan peran aktif dari Kanit Binmas Polsek Kampak bersama anggota tersebut, diharapkan dapat menekan peredaran makanan dan minuman yang mengandung bahan/zat berbahaya di wilayah hukum Polsek Kampak.

 

polres trenggalek

Posting Terkait