Peduli Lingkungan : Polsek Panggul bersama Anggota PSHT Kerja Bakti Bersihkan Area Pantai Konang

407 views

Polres Trenggalek – Dimata masyarakat awam, keberadaan perguruan pencak silat selama ini identik dengan kekerasan dan tawuran.  Kesan itu begitu melekat karena seringnya terjadi gesekan baik personal maupun kelompok di berbagai daerah.

Tapi coba lihat yang dilakukan anggota perguruan silat satu ini, niscaya pikirin pembaca akan berubah 180 derajat. Usai melakukan latihan rutin pencak silat di lapangan Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul Trenggalek, puluhan anggota perguruan pencak silat SH Terate ini digiring menuju area Pantai Konang yang tak jauh dari lokasi latihan.

Sejenak mungkin pengunjung agak kebingungan melihat banyaknya remaja berpakaian hitam-hitam khas PSHT. Namun tak lama kemudian masyarakat maklum bahkan takjup melihat apa yang dilakukan mereka. Dengan tangan kosong dan peralatan seadanya, para calon pendekar ini memunguti sampah yang banyak berserakan di sepanjang pantai. Sampah-sampah itu kemudian dikumpulkan jadi satu dan dibakar di salah satu sudut pantai.

Wakapolsek Panggul Polres Trenggalek, Iptu Budi Hartoyo, SH yang kebetulan ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih pantai bersama anggotanya menuturkan, pihaknya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh anggota PSHT tersebut.

“Sangat mendukung, agar kesan negatif pencak silat dapat berkurang bahkan hilang sama sekali berganti dengan kesan humanis”, ujar Iptu Budi.

Dilain pihak, ia berharap semua perguruan pencak silat di Kecamatan Panggul melakukan hal yang sama.

“Jika memungkinkan seluruh perguruan pencak silat kompak dan bersatu melaksanakan kegiatan sosial seperti ini. Akan lebih bagus lagi”, tegasnya.


Sumber : Polres Trenggalek

polres trenggalek

Posting Terkait