Langkah Cepat Jajaran Polres Trenggalek Tepis Maraknya Berita Hoax

376 views

Polres Trenggalek – Merebaknya berita hoax tentang penculikan anak di Kabupaten Trenggalek yang sebelumnya sempat menjadi viral dinilai cukup meresahkan masyarakat. Polres Trenggalek pun telah melakukan konfirmasi tentang informasi tidak benar tersebut. Bahkan Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si mengeluarkan maklumat yang bertujuan untuk meminimalisir keresahan dan dampaknya terhadap Kamtibmas.

“Semua harus berbuat dan bertindak. Dari Perwira, Bintara hingga Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek berkewajiban meluruskan dan memberikan pengertian kepada masyarakat bahwa ini adalah berita bohong atau hoax”, ujar AKBP Donny saat memberikan pengarahan pejabat utama Polres Trenggalek, Rabu (23/03).

Menindaklanjuti hal tersebut, Bhabinkamtibmas jajaran Polres Trenggalek telah mengambil langkah-langkah strategis guna mengurangi keresahan yang ditimbulkan akibat berita hoax tersebut. Bhabinkamtibmas Desa Timahan Kecamatan Kampak, Brigadir Puguh Riyanto, SH berkoordinasi dengan 3 pilar desa setempat serta memasang maklumat di beberapa tempat khususnya pelayanan publik dan sekolah.

Langkah-langkah strategis para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Trenggalek guna mengurangi keresahan yang ditimbulkan akibat berita hoax

Sementara itu Brigadir Septa, Bhabinkamtibmas Desa Kedunglurah mensosialisasikan maklumat kepada pedagang dan pengunjung pasar tradisional. Sedangkan Bripka Anwar memilih tatap muka dengan warga desa binaannya di Desa winong Tugu sebagai sarana sosialisasi.

Sedikit berbeda, Kanit Binmas Polsek Panggul Polres Trenggalek, Aiptu Kusno melaksanakan sambang desa dengan sasaran ibu-ibu dan para wanita. Aiptu Kusno menilai mereka adalah yang paling dekat dengan anak-anak dan merupakan orang yang paling terdampak atas isu tersebut

Lebih lanjut, Kabagops Polres Trenggalek, Kompol Mukalam, SH berharap agar masyarakat tidak resah atas beredarnya isu yang tidak benar atau hoax tersebut.

“Kami akan meningkatkan patroli ke sekolah-sekolah dan pemukiman penduduk. Namun masyarakat tetap waspada dan hati-hati. Dan jangan mudah menyebarkan isu-isu yang belum tentu kebenarannya”, ujar Kompol Mukalam.

Polda Jatim polres trenggalek

Posting Terkait