Ketua Pengurus YKB Daerah Jatim Apresiasi Inovasi dan Kreativitas SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek

35 views

Polres Trenggalek – Sekolah Luar Biasa (SLB) kemala Bhayangari 1 Trenggalek mendapat kunjungan istimewa dari Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Daerah Jawa Timur Ny. Ully Nico Afinta. Selain kunjungan kerja, kedatangan Ketua Pengurus YKB Daerah Jatim ini sekaligus memperingati 46 tahun SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek. Selasa, (26/10).

Rombongan disambut hangat oleh Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.Si. didampingi Ketua Pengurus YKB Cabang Trenggalek Ny. Famella Dwiasi beserta para pengurus, tenaga pendidik dan siswa SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek.

Uniknya, untuk menuju lokasi, rombongan melewati lorong waktu `Museum inspirasi SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek` yang merupakan Memorial Hall yang menyuguhkan kisah perjalanan SLB Kemala Bhayangkari sejak awal berdiri hingga masa Pandemi.

Bukan itu saja, rombongan Ketua Pengurus YKB Jatim juga disuguhi berbagai kebolehan dari para siswa SLB Kemala Bhayangkari, mulai dari Performance pencak silat hingga kepiawaian bernyanyi dan bermain musik.

Dalam sambutannya, Ny. Ully Nico Afinta mengapresiasi berbagai inovasi dan kreativitas yang telah diluncurkan oleh SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek sehingga banyak para peserta didik yang sukses dan mandiri berbekal keterampilan yang dimiliki.

“Saya pribadi merasa ikut bangga dan terima kasih yang sangat besar kepada seluruh pengurus YKB Cabang Trenggalek beserta semua tenaga pendidik SLB Kemala Bhayangkari 1.” Ucapnya

Pihanya menambahkan, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka memang lebih efektif dibanding dengan pembelajaran secara virtual namun harus dalam pelaksanannya harus memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan sehingga seluruh kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar dan anak-anak juga terlindungi dari paparan Covid-19.

Ny. Ully juga mengingatkan agar lebih memperhatikan bahan-bahan ajar yang disampaikan kepada para siswa SLB seperti media, buku dan lain-lain sehingga proses pembelajaran bisa lebih efektif yang tentunya mempermudah proses belajar mengajar.

“Saya ucapkan selamat HUT ke-46 kepada seluruh pengurus, pengajar, tenaga pendidik dan para siswa SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek. Semoga bertambahnya usia, SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek semakin sukses dan berkualitas serta mampu bersaing baik ditingkat provinsi maupun nasional bahkan internasional.” Imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Ny Ully berkenan memotong tumpeng dan menyerahkan kepada beberapa perwakilan guru dan murid SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek serta menyerahkan tali asih kepada Kepala Sekolah, guru yang memiliki masa pengabdian terlama dan murid SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek berprestasi.

Sementara itu, Ketua Pengurus YKB Cabang Trenggalek Ny, Famella Dwiasi menuturkan, di HUT ke-46 ini merupakan momen tepat untuk menggugah kembali semangat para tenaga pendidik dan siswa untuk lebih berprestasi. Tidak hanya pada aspek akademik tetapi juga keterampilan.

“SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek adalah sekolah yang mendedikasikan diri bagi anak-anak kita yang berkebutuhan khusus. Dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, mereka mampu menunjukkan jati diri dan prestasi yang sangat membanggakan.” Ujarnya

“Sekolah ini adalah kebanggaan Kabupaten Trenggalek dimana telah mampu mencetak pelajar-pelajar yang berprestasi ditingkat provinsi maupun nasional dan dibekali dengan berbagai keterampilan sehingga dengan kekerungan yang mereka miliki tetap bisa berkarya tak kalah dengan yang lain” Imbuhnya.

Sebagai informasi, SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek selama ini memang cukup dikenal dengan saabreg prestasinya. Setiap tahun selalu saja ada kejuaraan yang dimenangkan oleh guru maupun siswa. Tidak hanya tingkat Kabupaten tetapi juga seringkali menjuarai berbagai lomba tingkat provinsi bahkan internasional.

Di tahun 1999, SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek tercatat meraih juara pada Special Olympic Summer games di New Carolin Amerika Serikat. Satu tahun berikutnya salah satu siswa memperoleh Bintang Parama Krida Pratama dari Pemerintah yang diserahkan oleh wakil presiden pada waktu itu Ibu Megawati Sukarno Putri.

Tahun 2001, SLB kemala Bhayangkari Trenggalek memborong piala pada gelaran PORDA BPOC se Jatim di Kediri dengan meraih 9 orang Juara I, 10 orang juara II, dan 1 orang juara III. Pun demikian pada tahun 2011, pada peringatan HAN Provinsi Jatim, sedikitnya 13 piala kejuaraan dibawa pulang.

Disamping olahraga, sekolah ini mengajak para siswanya mengolah bakat seni dan budaya. Tak sia-sia, pada tahun 2019 mampu menjuarai lomba membatik dan desain grafis pada LKSN Provinsi Jawa Timur dan pada tahun 2020 yang lalu, kembali meraih juara menari pada gelaran FLS2N tingkat Provinsi Jawa Timur.

Dan ditahun 2021, lagi-lagi sekolah ini berhasil menyabet gelar juara pada lomba cerdas cermat yang diselenggarakan pada tanggal 16-18 Maret 2021 yang lalu dan memenangkan 4 piala kejuaraan pada lomba yang digelar oleh YKB Daerah Jawa Timur.

polres trenggalek trenggalek

Posting Terkait