Kapolsek Karangan Beri Penyuluhan Dan Himbauan Perkembangan Situasi Kamtibmas Di Wilayahnya

83 views

Polres Trenggalek- Setiap ada kegiatan masyarakat yang mengundang Kapolsek Karangan AKP Sutrisno, S.H. selalu minta kesempatan untuk memberikan sambutan yang diisi dengan penyuluhan dan himbauan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat yang berkembang yang bisa menimbulkan keresahan, serta memberi kiat – kiat agar terhindar dari tindakan kriminal.

Malam tadi Rabu (12/4) Kapolsek Karangan diundang oleh Kepala Desa Salamrejo untuk berdoa bersama di balai desa , bertepatan genap tujuh hari meninggalnya almarhum Adib Ruswanto Sekretaris Desa Salamrejo. Pada kesempatan tersebut Kapolsek Karangan berkesempatan memberikan himbauan dan penyuluhan kepada tamu undangan yang hadir mencapai ratusan orang.

Kapolsek menyampaikan untuk menyikapi berita di media sosial yang berkembang akhir – akhir ini masalah berita hoax atau berita bohong tentang maraknya penculikan anak, kita jangan percaya begitu saja apabila menerima berita lewat media sosial maupun dari mulut ke mulut. Terlebih dahulu harus kita cek sumber berita itu dari siapa kemudian ditanyakan ke petugas yang berkompeten atau ke pihak kepolisian bagaimana kebenaran berita tersebut. Usahakan jangan menyebarkan kembali berita hoax tersebut melalui medsos atau secara langsung keorang lain yang seakan – akan membenarkan berita tersebut. Namun demikian kita jangan sampai lengah terhadap putra – putri kita yang masih balita usahakan selalu  diawasi keberadaanya untuk memastikan keselamatanya setiap saat.

Lebih lanjut Kapolsek Karangan menginformasikan bahwa beberapa hari yang lalu ada pelaku penipuan kirim SMS lewat Hand Phone ( HP ) kepada korban salah satu Kepala Sekolah SD yang berada di wilayah Karangan dengan modus mengatas namakan Sekretasis Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek agar korban menelepon Kadisdiknya langsung dengan memberikan nomor telepon bahwa ada berita penting. Setelah korban menghubungi dengan menelepon Kadisdik dalam pembicaraan ada proyek dana hibah yang bisa dicairkan, kalau berminat hubungi Kabag Keuangan Pemda Trenggalek dan memberikan nomer telepon. Singkat cerita korban tergiur dan akhirnya mengirim sejumlah uang kerekening yang mengatas namakan Kabag Keuangan Kabupaten Trenggalek yang telah ditentukan sebesar sepuluh persen dari nilai proyek hibah yang mencapai ratusan ribu rupiah. Akhirnya uang sebesar Rp.12.800.000,- berhasil terkirim lewat ATM BRI Unit Karangan. Keluar dari mesin ATM korban sadar akhirnya menelepon ke pelaku yang telah dihubungi ternyata Hand Phone sudah di padam. Menghubungi ke pejabat Dinas Disdik yang resmi diterangkan bahwa tidak ada proyek dana hibah. Korban merasa ditipu akhirnya lapor ke kantor Polsek Karangan.

Dari kejadian – kejadian tersebut diatas kita harus berpikir dan bertindak cerdas yakni harus selalu cek and ricek dari mana sumber berita artau SMS berasal, adakan konsultasi dengan oarang yang lebih berpengalaman dan kepada aparat terkait juga ke pihak petugas polisi terdekat.

“Terima kasih ya Pak Kapolsek sudah menyampaiakan informasi kamtibmas dan langkah- langkah yang harus kita perbuat kepada masyarakat saya” ujar Kepala Desa Salamrejo yang malam itu duduk disamping Kapolsek.

polres trenggalek

Posting Terkait