Kapolsek Dukung Program PKMF Demi Peningkatan Derajat Kesehatan

83 views

Selasa,(18/4). Di balai desa Joho, kecamatan Pule dilaksanakan sosialisasi Pekan Kelambu Massal Fokus (PKMF), oleh Dinas kesehatan Kabupaten Trenggalek, program ini berkaitan dengan   pencanangan  Presiden Republik Indonesia pada tahun 2009,  bahwa tahun 2030, di wilayah seluruh Indonesia sudah eliminasi malaria maksudnya terbebas dari penyakit malaria,  di Kabupaten Trenggalek, 2017 sudah eliminasi malaria.

Di wilayah Kecamatan Pule terdapat 3 desa  yaitu desa Pule, Joho dan Puyung, yang punya riwayat warganya pernah terjangkit penyakit malaria.

“Penyebaran nyamuk malaria bukan saja di wilayah Papua, namun di wilayah kita juga bisa, penyeberannya akibat dari migrasi musiman dan warga yang tinggal di sekitar sungai, khususnya pada musim kemarau tumbuh lumut, sebagai sarang timbulnya jentik jentik nyamuk malaria, upaya yang harus dilakukan bagi migrasi musiman, sebaiknya dilakukan cek kesehatan mulai dan saat kembali, guna antisipasi penyebaran penyakit malaria”, ujar Rufianto Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek.

Menurut  Jarot Kabid P2PM Dinas Kesehatan Trenggalek,  terjangkitnya penyakit malaria karena faktor buruknya sanitasi dan perilaku masyarakat, tidak peduli lingkungan, membuang sampah sembarangan. Perlu diketahui, salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah malaria, dengan memakai kelambu anti nyamuk di waktu tidur. Dengan demikian manfaatnya dapat memberikan perlindungan pada masyarakat, dari gigitan nyamuk terutama bayi, balita dan ibu hamil dan dapat menurunkan penularan malaria. Kepedulian pemerintah dalam program ini untuk kecamatan Pule mendapat jatah 3000 buah kelambu.

“Mendukung sepenuhnya pelaksanaan program ini dengan memberdayakan Bhabinkamtibmas beserta Babinsa di desa binaannya, menawarkan jasa bahwa apabila masyarakat membutuhkan kendaraan karena sakit Strada Polsek Pule Polres Trenggalek siap untuk membantu, karena keberadaannya juga milik masyarakat “,ujar Iptu Suraji, SH Kapolsek Pule Polres Trenggalek.

Sosialisasi kesehatan sangat diperlukan karena dapat meningkatkan derajat kesehatan serta suksesnya program ini atas dukungannya dari instasi samping.

polres trenggalek

Posting Terkait