Cipta Kamseltibcarlantas Kondusif Sekaligus Tangkal Covid-19, Polres Trenggalek Gelar Operasi Patuh Semeru 2021

27 views

Polres Trenggalek – Terhitung mulai hari ini hingga 14 hari kedepan, Polres Trenggalek secara resmi menggelar `Operasi Patuh Semeru 2021`. Operasi Patuh Semeru 2021 ini diawali dengan apel gelar pasukan yang dilakukan di halaman Mapolres Trenggalek

Gelar Pasukan Operasi yang diselenggarakan dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di tengah Pandemi Covid-19 dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.H. dan diikuti oleh pejabat utama, Kapolsek jajaran serta sejumlah tamu undangan. Senin, (20/9).

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Dwiasi menyematkan pita operasi kepada perwakilan peserta dari Polri, TNI dan Satpol PP dan Dishub sebagai tanda dimulainya operasi Patuh Semeru 2021 diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek,

Dalam amanatnya AKBP Dwiasi menuturkan, pelaksanaan operasi patuh pada tahun 2021 ini tidak jauh berbeda dengan pelaksaanan operasi pada tahun lalu, dimana pelaksanaannya masih dalam kondisi pandemi covid-19, sehingga fokus pelaksanaan operasi ini lebih mengedepankan kegiatan yang bersifat preemtif dan preventif terutama dalam rangka sosialisasi kepatuhan protokol kesehatan kepada masyarakat, selain juga memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas.

“Kita patut bersyukur karena angka penyebaran covid-19 di Trengalek saat ini mengalami penurunan yang signifikan, dimana untuk tambahan kasus aktif dan angka kematian rata-rata per hari mengalami penurunan sedangkan angka kesembuhan terus bertambah secara signifikan. Bahkan untuk saat ini wilayah Kabupaten Trenggalek masuk PPKM level 2 dan zona kuning di wilayah Jawa Timur.” Ujar AKBP Dwiasi

Namun demikian pihaknya meminta agar keberhasilan penanganan Covid-19 tersebut tidak membuat masyarakat lengah dan euforia  dengan melakukan kerumunan, hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 belum berakhir.

Sementara itu, terkait dengan kondisi kelalulintasan pada masa pandemi covid-19 di kabupaten Trenggalek, AKBP Dwiasi menjelaskan, Jika dibandingkan dengan tahun 2020, jumlah laka lantas mengalami penurunan sebesar 16%. Demikian juga pelanggaran lalu lintas turun sebesar 60 % dan apabila dilihat dari jenis pelanggaran yang terbanyak merupakan termasuk salah satu pelanggaran prioritas berpotensi laka lantas.

Oleh karena itu dalam rangka cipta kondisi guna meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas untuk mencegah penyebaran virus covid-19 serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap, maka Polres Trenggalek didukung oleh instansi terkait menggelar operasi kewilayahan dengan Sandi Patuh Semeru 2021.

“Pelaksanaan operasi ini berlangsung selama mulai tanggal 20 september sampai dengan 3 oktober 2021 dalam bentuk Kamseltibcarlantas yang mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas guna memutus penyebaran virus covid 19.” Imbuhnya

Agar lebih optimal, AKBP Dwiasi memberikan penekanan antara lain, melakukan mapping terhadap lokasi-lokasi yang rawan terjadinya penumpukan massa, rawan kecelakaan, kemacetan, dan pelanggaran lalu lintas, memberdayakan sumber daya operasi untuk membantu pemerintah dalam rangka kegiatan pencegahan penyebaran covid 19 melalui kegiatan sosialisasi protokol kesehatan, peningkatan kegiatan 3T dan perluasan cakupan vaksinasi.

Pihaknya mengingatkan agar selama kegiatan operasi seluruh anggota tidak melakukan tindakan kontraproduktif serta menjaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan dalam pelaksanaan tugas agar para anggota yang bertugas di lapangan dapat menjalankan tugas secara optimal dan Polri yang presisi bisa terwujud.

Acara ditutup dengan pengecekan sarana prasarana pendukung yang turut ditampilkan dalam gelar pasukan seperti kendaraan operasional, peralatan kebencanaan dan lain-lain dilanjutkan dengan patroli skala besar gabungan.

polres trenggalek trenggalek

Posting Terkait