Beri Himbauan Kamtibmas Kepada Kasir Toko Swalayan Di Karangan

193 views

Polres Trenggalek – Dengan sering dan berulang – ulangnya penipuan lewat hand pone dengan modus korban menerima SMS yang isinya mendapat hadiah uang puluhan juta atau sebuah mobil,  dengan iming – iming akan segera dikirim oleh pelaku dengan syarat agar mengirimkan uang atau mengirim pulsa lewat kasir swalayan modern seperti Idomart atau Alfamart.

Pada pelaksanaan patroli dialogis yang dilakukan oleh petugas Polsek Karangan pada Selasa malam (18/4), Aiptu Sarmin tidak menyia – nyiakan kesempatan  guna memberikan himbauan dan agar diperhatikan betul tentang adanya penipuan yang menggunakan kasir swalayan untuk kirim uang dan krim pulsa kepada pelaku penipuan.

“Begini ya mas sekarang ini kan selau ada orang yang ditipu tapi tidak merasa ditipu, dalam benak pikiranya tergambar akan dapat hadiah uang puluhan juta rupiah atau mobil. Korban kirim uang atau pulsa yang nilaianya ratusan ribu sampai jutaan rupiah mereka tidak merasa kalau sedang di cucu otaknya, maka dari itu ya mas saya berpesan kalau ada orang yang akan kirim uang atau kirim pulsa sampai ratusan ribu logatnya mencurigakan atau terburu – buru, tolong tanyakan untuk apa kirim uang atau pulsa” himbau Aiptu Sarmin.

Selanjutnya Aiptu Sarmin menuturkan ciri – ciri orang yang kena tipu tingkah lakunya aneh, mondar – mandir, kalau ditanya seperti menyembunyikan sesuatu.

Kalau menjumpai orang seperti ini  sedang beli pulsa dan nilainya mencapai ratusan ribu terus ber ulang – ulang beli lagi dan beli lagi itu patut diduga dia kena tipu. Jadi caranya bilang saja komputer sedang trobel atau macet untuk pembelian pulsa, kalau ada yang mau kirim uang juga tanyakan untuk apa kirim uang, kalau meragukan sarankan kirim uang lewat bank saja begitu.

“Para penipu itu menggunakan kasir toko swalayan agar kiriman cepat sampai dan tidak banyak pertanyaan jadi modusnya selalu lewat kasir toko swalayan” tutur Aiptu Sarmin.

“Trimakasih pak polisi saya berusaha untuk mencegahnya apabila ada orang seperti yang di terangakan tadi” ucap kasir swalayan Indomart.

 

polres trenggalek

Posting Terkait