Kesiapan Jelang Pilkada Serentak 2024, Polres Trenggalek Gelar Apel Besar Bhabinkamtibmas

oleh

Polres Trenggalek – Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 sudah didepan mata. Sebagai bentuk kesiapan, Kepolisian Resor Trenggalek menggelar Apel Besar Bhabinkamtibmas di halaman Mapolres. Rabu, (18/9).

Dalam apel yang diikuti oleh sedikitnya 157 orang Bhabinkamtibmas se Kabupaten Trenggalek ini, Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melakukan pengecekan secara komprehensif, baik perkuatan personel, kualitas tugas dan tanggung jawab yang telah dilakukan hingga sarana prasarana penunjang.

Satu persatu para petugas Bhabinkamtibmas ini tak luput dari pemeriksaan dan pengecekan, seperti rompi khas Bhabinkamtibmas , sepeda motor, tas yang berisi mantel, senter dan perngkat baru yakni Radio Handheld.

Bukan itu saja, Orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini juga mengecek  sikap tampang dan performa Bhabinkamtibmas jajarannya, mulai dari seragam, sepatu, kerapian ramput, kumis dan jambang.

“Bhabinkamtibmas adalah etalase terdepan Polri. Penampilan harus menunjukkan wibawa dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat.” Jelasnya.

AKBP Indra menegaskan, Pilkada Kabupaten Trenggalek tinggal menghitung hari. Sebagai garda terdepan, Bhabinkamtibmas harus turung tangan aktif mengelola Kamtibmas di masing-masing desa binaannya.

Bhabinkamtibmas harus benar-benar memahami, karater dan kerawanan khususnya terkait dengan pelaksanaan Pilkada nanti. Melakukan pemetaan dan bisa menjadi pemecah masalah disetiap persoalan yang muncul di Tengah masyarakat.

“Sering turun ke desa binaan. Rangkul masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman, sejuk dan damai selama Pilkada berlangsung. Jangan hanya kuantitas tapi lebih kearah  kualitas yang baik. Suatu saat akan saya cek dan sampel ke masyarakat, kenal nggak dengan Bhabinkamtibmas-nya.” Imbuhnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Bhabinkamtibmas diwajibkan memiliki sejumlah kompetensi, diantaranya memiliki kepekaan sosial yang tinggi, senantiasa berinovasi untuk membantu masyarakat, public speaking yang bagus, mampu bersosialisasi.

“Keberadaan Bhabinkamtibmas harus membawa manfaat bagi masyarakat. Saya akan berikan reward untuk Bhabinkamtibmas terbaik.” Tambahnya.

Terkait dengan sarana prasarana penunjang, pihaknya meminta agar dirawat dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat. Jika ada kendala atau kesrusakan pihaknya meminta agar segera melaporkan untuk dilakukan perbaikan sehingga tidak menghambat tugas-tugas ke depan.

“Tidak ada lagi alasan rusak, bensin habis dan lain-lain. Negara telah memberikan anggaran dan sarana prasarana yang memadai. Terlebih untuk mendukung pengamanan Pilkada 024. Semua harus siap baik personel maupun peralatan lainnya.” Tegasnya.

Sebagai penutup, AKBP Indra mengajak semua Bhabinkamtibams untuk menjalankan tugas secara professional dan tidak melakukan tindakan yang dapat menurunkan kredibilitas dan citra Polri di mata masyarakat.

“Alhamdulillah, hasil dari pengecekan hari ini semua dalam keadaan lengkap dan sarana prasarana masih laik pakai. Kedepan, masih banyak tugas-tugas yang membutuhkan tenaga dan pikiran kita, terutama pengamanan Pilkada 2024. Tetap jaga kesehatan, jaga kekompakan. Bersama-sama kita wujudkan Trenggalek Aman.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.