Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Kamtibmas, Wakapolres Trenggalek: Dimulai Dari Diri Sendiri dan Keluarga

oleh

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek rutin menggelar Curhat Kamtibmas di berbagai wilayah hingga pelosok desa dan perkampungan. Curhat Kamtibmas ini merupakan salah satu upaya dari Polres Trenggalek untuk menampung keluh kesah maupun saran dan masukan dari masyarakat khususnya terkait dengan Kamtibmas.

Kali ini, Curhat Kamtibmas digelar di salah satu masjid tepatnya masjid Darussalam Kelurahan Ngantru, Kabupaten Trenggalek sekaligus menunaikan ibadah salat Jumat bersama warga setempat. Jumat, (7/6).

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Wakapolres Kompol Mohamada Khoiril, S.Pd., M.H. mengatakan, Curhat Kamtibmas merupakan sarana penghubung atau jembatan antara Polri dengan masyarakat, dimana tercipta komunikasi dua arah yang harmonis dan saling mengisi.

“Masyarakat tidak hanya sebagai objek tetapi juga subjek Kamtibmas. Peran serta masyarakat sangat penting dalam mengelola keamanan. Dimulai dari keamanan diri sendiri, keluarga dan lebih luas lagi di lingkungan.” Jelasnya.

Pihaknya mengatakan, lingkungan yang aman merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Dengan lingkungan yang aman, maka kegiatan sosial maupun ekonomi pun akan berjalan dengan lancar.

“Polres Trenggalek terbuka menerima kritik maupun masukan dari masyarakat. Apabila ada yang sekiranya mengganggu stabilitas Kamtibmas laporkan kepada kami.” Imbuhnya.

Tak ketinggalan, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga memeaparkan tentang tren gangguan Kamtibmas terkini dimana mulai marak terjadinya penipuan online dengan berbagai modus operansi yang semakin beragam.

“Penipuan sekrang semakin canggih. Memanfaatkan alat komunikasi dan internet. Sudah banyak korbannya dari yang sekian juta sampai milyaran. Lebih berhati-hati dan waspada. Jangan mudah percaya. Apalagi sampai mengirim kode OTP. Cek dulu kebenarannya.” Tambhanya.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu perwakilan warga menuturkan, mengingat kelurahan Ngantru berada di lingkar kota, maka tingkat kerawanan seperti pencurian relatif lebih tinggi.  Saat ini masyaraat cukup aktif dan berpartisipasi dalam Siskamling, namun demikian masih diperlukan asistensi dari jajaran Kepolisian agar lebih efektif dan optimal.

Menanggapi hal tersebut, Kompol Khoiril mengatakan, pihaknya akan menginstruksikan kepada jajaran Bhabinkamtibmas khususnya kelurahan Ngantru agar lebih sering lagi sambang desa dan memberikan arahan ataupun pelatihan terhadap warga.

“Disamping itu, unit patroli nanti akan kita arahkan untuk lebih intens lagi menjangkau wilayah pemukiman.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.