Polres Tuban Siapkan 284 Personel Gabungan untuk Pengamanan Nataru

oleh


TUBAN – Polres Tuban,Polda Jatim akan menerjunkan sebanyak 284 personel terdiri dari 185 personel Polri dan 99 personel dari instansi terkait untuk melakukan pengamanan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Selain itu untuk kelancaran Polres Tuban juga akan menyiapkan sebanyak 1 (satu) pos pelayanan yang ditempatkan di pos pantai Boom serta 3 (tiga) pos pengamanan yakni pos pengamanan perbatasan Bancar, Pos rest area dengan alternatif lain pos terminal wisata sunan Bonang serta pos pengamanan wisata pantai kelapa.

Tujuan daripada pengamanan tersebut yakni terjaminnya rasa aman masyarakat dalam merayakan natal dan tahun baru serta terwujudnya situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif sebelum pada saat dan setelah perayaan natal dan tahun baru.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Wakapolres Tuban Kompol Herry Moriyanto Tampake, S.I.K, saat menggelar rapat koordinasi (Rakor) kesiapan pengamanannya bersama Instansi terkait di gedung Sanika Satyawada Mapolres setempat, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan Rakor tersebut dihadiri pejabat utama Polres Tuban, stakeholder terkait serta Kapolsek jajaran.

Dalam sambutannya Kompol Herry Moriyanto menjelaskan bahwa kegiatan pengamanan Natal dan tahun baru itu sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh kepolisian setiap tahunnya.

Dalam rapat tersebut menjadi sarana untuk menerima masukan terkait pelaksanaan pengamanan nantinya.

“Tanpa rekan-rekan tugas ini tidak akan bisa berjalan dengan baik, kita mempunyai fungsi dan peran masing-masing dalam pengamanan ini,” Ucapnya.

Menurutnya dalam pengamanan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena bertepatan dengan momentum kampanye pemilu 2024.

“Tentunya ini akan menambah kerawanan tersendiri dalam pelaksanaan pengamanan” jelas Kompol Herry.

Selain itu menurut Kompol Herry wilayah kabupaten Tuban yang merupakan jalur nasional dapat dipastikan volume kendaraan menjelang libur natal dan tahun baru akan mengalami peningkatan.

Sementara itu mewakili Bupati Tuban, Kasatpol PP kabupaten Tuban Bapak Drs. Gunadi, M.M., mengatakan pemerintah kabupaten Tuban berkomitmen mendukung sepenuhnya dalam pelaksanaan pengamanan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

“Beliau (Bupati) berkomitmen mendukung penuh dalam kesiapan mengahadapi pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru” ucap Gunadi.

Meskipun pelaksanaan pengamanan perayaan natal dan tahun baru kali ini bersamaan dengan pelaksanaan pemilihan umum, ia berharap hal tersebut tidak menjadi kendala dan pemerintah kabupaten Tuban siap memberikan dukungan semaksimal mungkin.

“Dengan kolaborasi bersama, Insyaallah kita akan mampu melaksanakan kegiatan pengamanan ini dengan baik” Imbuhnya.

Dari data yang didapatkan oleh Polres Tuban ada sebanyak 52 gereja yang ada di kabupaten Tuban, diantaranya jumlah tersebut sebanyak 42 gereja nantinya akan digunakan untuk melaksanakan ibadah saat perayaan natal dan tahun baru.

Dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 akan dilaksanakan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.