Masa Tenang Pilkades Serentak, Polres Trenggalek Gelar Patroli Gabungan

oleh

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek menggelar patroli gabungan di sejumlah desa yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Patroli ini melibatkan sejumlah personel dari Polres Trenggalek, Kodim 0806, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Trenggalek. Senin, (23/10).

Kegiatan diawali dengan apel bersama di halaman Mapolres untuk mengecek perkuaatan sekaligus sebagai sarana menyamakan cara bertindak, metode yang diterapkan serta menentukan sasaran patroli.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasihumas Iptu Susila Basuki, S.Sos. mengatakan, patroli gabungan ini dilakukan tidak hanya tingkat Polres tetapi juga Polsek jajaran khususnya yang wilayahnya terdapat Pilkades.

“Sasaran patroli kita arahkan ke 9 desa di 7 kecamatan yang menggelar Pilkades serentak. Untuk wilayah kecamatan, melibatkan Polsek, Koramil dan Satpol PP Kecamatan masing-masing.” Jelasnya.

Masih kata Iptu Susila, di tingkat Polres sedikitnya ada tiga regu patroli yang di terjunkan dengan sasaran yang berbeda. Sedangkan untuk wilayah kecamatan minimal satu regu menyesuaikan dengan jumlah desa yang menggelar Pilkades.

Tujuan utama dari patroli gabungan ini lanjut Iptu Susila, adalah untuk memastikan situasi dan kondisi Kamtibmas tetap kondusif menjelang pelaksanaan Pilkades serentak yang menurut rencana digelar dua hari mendatang tepatnya tanggal 25 Oktober 2023.

Selain itu, petugas patroli juga koordinasi dengan pihak panitia serta meninjau persiapan dan kesiapakan Pilkades. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya kendala atau hambatan sehingga bisa segera dilakukan penyelesaian dan tidak sampai mengganggu tahapan Pilkades.

Disamping itu, petugas patroli juga membangun komunikasi dengan sejumlah tokoh masyarakat dan warga setempat, menyampaikan imbauan untuk bersama-sama menjaga kerukunan, kedamaianan dan kesejukan.

“Kita kedepankan pola preventif humanis dan edukasi demokrasi yang sehat.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.