Saat Polantas Trenggalek Blusukan Pasar, Gaungkan Tertib Berlalu Lintas

oleh

Polres Trenggalek – Operasi Zebra Semeru 2023 masih berjalan. Berbagai kegiatan baik preemtif, Preventif maupun penegakan hukum terus dilakukan guna menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Tak terkecuali jajaran Polres Trenggalek.

Guna menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas dan keselamatan berkendara, Satlantas Polres Trenggalek malalui Satgas Preemtif getol melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Uniknya, edukasi yang dilakukan tidak sebatas melalui jalur formal seperti kunjungan ke sekolah, menggelar workshop atau yang lain, tetapi juga menyasar semua kalangan masyarakat. Termasuk diantaranya adalah para pedagang dan pengunjung pasar.

Ya, sejumlah Polantas ini blusukan ke dalam pasar tepatnya Pasar Pon Trenggalek dan Pasar Basah yang juga merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Kabupaten Trenggalek.

Metode yang diterapkan pun terbilang unik. Sembari berkeliling dan menyapa para pedagang maupun pengunjung pasar, berbincang tentang berbagai hal sehingga terbangun komunikasi dua arah yang lebih intens.

Nah, disela-sela perbincangan tersebut, petugas menyispkan pesan-pesan diantaranya terkait dengan Kamseltibcarlantas sembari membagikan pamflet berisi tips-tips berkendara yang aman dan berkeselamatan serta informasi seputar operasi Zebra Semeru 2023.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasatlantas AKP Yudiyono, S.H. mengungkapkan, baik para pedagang maupun pengunjung merupakan kelompok masyarakat non terorganisir yang kerap bersinggungan langsung dengan bidang kelalulintasan.

“Dilingkungan pasar banyak unsur yang terlibat, mulai dari pedagang itu sendiri, pengunjung, tukang parkir hingga sopir angkutan dan logistik. Kita berikan wawasan dan gugah kesadarannya agar senantiasa patuh dan taat aturan lalu lintas sekaligus kita dorong mereka menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.” Ungkapnya.

Sebagai informasi, Operasi Zebra Semeru 2023 yang digelar selama 14 hari mulai tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023 tersebut merupakan operasi Harkamtibmas bidang lalu lintas yang dimotori oleh fungsi lalu lintas Polri dan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum secara elektronik/teguran simpatik.

Dalam operasi ini terdapat beberapa target khusus yang menyasar berbagai pelanggaran lalu lintas yang berakibat fatalitas diantaranya pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, melebihi batas kecepatan dan pengendara Ranmor dibawah umur

Selain itu pelanggaran seperti pengendara yang tidak mengenakan helm standar (SNI) ataupun safety belt, pengemudi dibawah pengaruh Narkoba atau Miras, menggunakan HP saat berkendara dan melawan arus juga menjadi prioritas penindakan.

Polres Trenggalek melibatkan sedikitnya 57 orang yang terbagi menjadi lima Satgas diantaranya Satgas Detekasi, Preemtif, Preventif, Gakkum dan Banops. Namun demikian, Polsek jajaran dan fungsi kepolsiian lainnya menggelar operasi imbangan guna mendukung suksesnya operasi tersebut.

No More Posts Available.

No more pages to load.