Dalam Waktu Dekat Polres Trenggalek Akan Gelar Operasi Zebra Semeru 2023

oleh

Polres Trenggalek – Dalam waktu dekat jajaran Kepolisian Resort Trenggalek akan menggelar Operasi kewilayahan dengan sandi `Zebra Semeru 2023`. Operasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Wakapolres Kompol Sunardi, S.Pd. saat memimpin jalannya Latpraops Zebra Semeru 2023 di Rupatama Mapolres Trenggalek mengungkapkan, Operasi Zebra merupakan operasi Harkamtibmas bidang lalu lintas yang dimotori oleh fungsi lalu lintas Polri dan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung penegakan hukum secara elektronik/teguran simpatik. Sabtu, (2/8).

“Operasi Zebra Semeru 2023 dilaksanakan selama 14 hari. Terhitung mulai tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023.” Ungkanya.

Kompol Sunardi menuturkan, tujuan utama dari operasi tersebut adalah meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Dalam operasi ini terdapat beberapa target khusus yang menyasar berbagai pelanggaran lalu lintas yang berakibat fatalitas diantaranya pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, melebihi batas kecepatan dan pengendara Ranmor dibawah umur

Selain itu pelanggaran seperti pengendara yang tidak mengenakan helm standar (SNI) ataupun safety belt, pengemudi dibawah pengaruh Narkoba atau Miras, menggunakan HP saat berkendara dan melawan arus juga menjadi prioritas penindakan.

“Keseluruhan penindakan dilakukan secara elektronik.” Imbuhnya.

Operasi itu sendiri melibatkan sedikitnya 57 orang yang terbagi menjadi lima Satgas diantaranya Satgas Detekasi, Preemtif, Preventif, Gakkum dan Banops. Namun demikian, Polsek jajaran dan fungsi kepolsiian lainnya menggelar operasi imbangan guna mendukung suksesnya operasi tersebut.

Dalam Latpraops tersebut, masing-masing Kasatgas memaparkan tentang rencana kegiatan berikut cara bertindak. Dilanjutkan dengan diskusi untuk memantapkan persiapan dan kesiapan sebelum pelaksanaan Operasi.

“Gelar pasukan akan kita laksanakan pada hari Senin tanggal 4 September 2023 mendatang dengan menghadirkan seluruh stakeholder terkait sekaligus mengecek kesiapan akhir.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.