Aksi Peduli Lingkungan, Polres Blitar Tanam Puluhan Ribu Mangrove dan Lepas Tukik ke Pantai

oleh

BLITAR – Kepedulian terhadap lingkungan hidup ditunjukkan korps Bhayangkara Polres Blitar.

Kali ini dengan diwakili puluhan personel dari Satuan Lalu Lintas, kompak menanam bibit pohon mangrove dan melepas Tukik di pesisir Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom S.I.K melalui Kasat Lantas AKP Kadek Aditya Yasa Putra mengatakan kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian Polri utamanya Polres Blitar terhadap lingkungan.

“Penanaman Mangrove ini untuk antisipasi terjadinya abrasi pantai,sedang Tukik kita lepaskan untuk melestarikan sumberdaya laut dan menjaga kelestarian ekosistem laut,”kata AKP Kadek Aditya,Minggu (18/9/22).

Kegiatan peduli lingkungan yang dilaksanakan Polres Blitar diwakili oleh personel Sat Lantas tersebut juga bertepatan dalam rangka HUT ke-67 Satuan Lalulintas.

“Iya, kegiatan kali ini dilakukan oleh seluruh Anggota Satlantas Polres Blitar,bertepatan menyambut HUT ke-67 Satuan Lalulintas, “tambah AKP Kadek Aditya.

Sebelumnya personel Satlantas melaksanakan safety riding menuju ke Pantai Serang.

Sesampainya di lokasi, mereka melakukan penanaman sebanyak 10.250 bibit pohon mangrove di bibir pantai yang merupakan kawasan konservasi tersebut.

“Untuk Tukik yang dilepas sebanyak 500 ekor jenis lekang (Lepidochelys olivacea) yang bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan,”kata AKP Kadek Aditya.

Dia menjelaskan hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi.

AKP Kadek Aditya menyebut hutan mangrove sangat berguna bagi lingkungan, di antaranya mencegah intrusi air laut, abrasi dan erosi pantai.

Selain itu juga sebagai tempat hidup dan sumber makanan sejumlah fauna dan biota laut, menguraikan limbah dan menjaga kestabilan topografi pesisir.

Di Kabupaten Blitar sendiri ada pantai yang menjadi jujugan wisata,salah satunya Pantai Serang.

“Maka dari itu sebagai bentuk atensi kami kepada pantai dan fauna, kami menggelar kegiatan positif ini. Demi anak cucu kelak kita juga,”pungkas AKP Kadek Aditya.

No More Posts Available.

No more pages to load.