Teliti Sebelum Membeli, Mencegah Lebih Baik dari Pada Terlambat

122 views

Polres Trenggalek, Antisipasi terhadap beredarnya makanan kadaluarsa, Anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek melaksanakan pemeriksaan di Swalayan, Rabu (11/04).

Mendekati Bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan Mei 2017, Polsek Kampak Polres Trenggalek dipimpin Aiptu Suswanto, Sh melaksanakan pemeriksaan barang barang yang dijual di toko swalayan guna menghindari beredarnya makanan kadaluarsa.

makanan dinyatakan mengalami kerusakan (telah kadaluarsa) jika telah terjadi perubahan–perubahan yang tidak dikehendaki dari sifat asalnya.

Kerusakan pada makanan dapat terjadi karena kerusakan fisik, kimia atau enzimatis. Misalnya kerusakan pada susu yang ditandai dengan pembentukan gas, penggumpalan, lendir, tengik dan perubahan rasa. Penggumpalan dan pembentukan lendir serta asam pada susu disebabkan oleh bakteri. Bakteri juga menjadi penyebab rusaknya makanan kaleng yang dapat ditandai dengan bau busuk dan warna hitam ketika dibuka. Rusaknya makanan kaleng juga dapat diperhatikan, apakah kaleng menggembung atau tidak. Biasanya jika sudah lewat tanggal kadaluarsa, bakteri mengakibatkan terbentuknya gas pada makanan kaleng sehingga kaleng menggembung.

“Bahaya makanan kadaluarsa bisa mengakibatkan kematian, jika tidak segera tertangani. Oleh karena itu, lebih baik mencegah secara dini agar tidak kena dampak makanan tidak sehat atau kadaluarsa” tutur Aiptu Suswanto, Sh.

Alhamdulillah dalam kegiatan kali ini tidak diketemukan makanan kadaluarsa dikarenakan sistem manajemen yang baik dari pihak swalayan demi kepuasan dan kesehatan konsumen.

 

polres trenggalek

Posting Terkait