Sosialisasi Terkait E-Tilang oleh Anggota Polsek di UDP Kecamatan Kampak Trenggalek

53 views

Polres Trenggalek – Pemberlakuan sistem E-Tilang saat ini masih belum dimengerti dan diketahui oleh masyarakat, oleh karena itu Patroli Polsek Kampak Polres Trenggalek yang dipimpin Ka SPK Aiptu Hendro S melaksanakan sosialisasi ke Kantor UDP Kecamatan Kampak Trenggalek, Rabu (17/05).

Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas mengatur, pelanggar lalu lintas cukup memantau secara online. Penerapan e-Tilang ini dinilai sangat efektif, karena tidak akan ada lagi antrean yang berjubel saat pelaksanaan sidang yang dilakukan setiap Jumat.

Diberlakukannya e-Tilang juga diyakini dapat menghindari calo. “Selama ini banyak sekali sidang tilang yang ditengarai dimanfaatkan calo sidang. Sehinga, jumlah denda tilang yang harus dibayar pelanggar jauh lebih tinggi, serta dengan e-Tilang, pelanggar cukup membayar denda tilang sesuai dengan ketetapan UU dengan cara transfer ke bank yang ditunjuk. Setelah membayar denda, pelanggar bisa mengambil barang bukti di Kejari dengan membawa bukti transfer.

“mari kita tertib dalam berlalu lintas dan patuhi rambu rambu serta jangan melakukan pelanggaran, mari menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya” ujar Aiptu Hendro S.

Bagi para pelanggar yang kena tilang maka pelanggar diberikan slip biru. Data diinput  ke aplikasi dan bisa langsung membayar denda tilang ke Bank BRI. Apakah dengan setor tunai, via sms banking atau transfer ATM.

polres trenggalek

Posting Terkait