Sholat Dhuha Berjamaah dan Pembacaan Surat Yasin Bentuk Ketaqwaan Anggota Polri

122 views

Polres Trenggalek – Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, S.H. menuturkan bahwa sudah menjadi agenda rutin tiap hari Kamis anggota Polsek Kampak menggelar Binrohtal atau Bimbingan Rohani dan Mental dalam bentuk sholat Dhuha berjamaah dan dilanjut pembacaan surat Yasin. Binrohtal ini merupakan salah satu upaya meningkatkan mental kepribadian dan ketaqwaan anggota kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kamis (22/03/2018).

Adapun diantara keutamaan atau manfaat shalat dhuha ini adalah apa yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda,”Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.”

Kegiatan rutin tersebut dilaksanakan agar anggota senantiasa bekerja dengan sepenuh hati dan dilaksanakan sebagai ibadah karena Allah SWT. Serta mebentengi diri agar terhindar dari sifat sifat tidak terpuji saat melaksanakan tugas sebagai anggota Polri.

“Tak lupa setelah sholat Dhuha para anggota membaca surat Yasin, surat ini menunjuk tentang keimanan seorang Muslim, keimanan tersebut ditandai dengan yakin akan adanya hari kebangkitan kelak setelah hari Kiamat, jika berpegang akan hal itu, kita tidak akan semata-mata mementingkan duniawi, setelah kehidupan dunia, masih ada alam akhirat. Tempat kita di sana akan ditentukan amal selama kita hidup, jika baik, maka kita layak masuk surga-Nya, jika buruk maka akan tersiksa di neraka”, ujar Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, S.H.

polres trenggalek

Posting Terkait