Saat Polwan Polres Trenggalek Belajar dan Praktik Bahasa Isyarat

109 views

Polres Trenggalek – Masih ingat dengan tiga srikandi Polres Trenggalek belajar bahasa isyarat ? Ya, mereka adalah Bripda Dyah Ayu, Bripda Hanifah dan Bripda Mayla. Ketiganya adalah anggota Satlantas Polres Trenggalek yang di tunjuk khusus belajar bahasa isyarat di salah satu sekolah luar biasa di Trenggalek. Tujuannya, selain membantu masyarakat difabel atau tuna wicara juga bisa diperbantukan ke satuan lain jika dibutuhkan.

Setelah hampir dua minggu belajar bahasa isyarat dipandu oleh salah seorang praktisi pendidikan di SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek, hasilnya sudah mulai terlihat. Ketiga Polwan tersebut sudah mulai berani praktek berbicara menggunakan bahasa isyarat langsung dengan murid-murid SLB.

“Iya betul, Hari ini kita coba praktek langsung dengan siswa SLB” Ujar Bripda Mayla saat ditemui di salah satu kelas SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek. Kamis (29/03)

Meskipun telah belajar selama hampir 2 minggu bukan berarti tidak ada kendala. Awalnya, mereka pun masih terlihat canggung berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Beruntung para siswa justru aktif membantu membetulkan jika ada gerakan yang salah.

“Masih agak nervous, karena beda isyarat bisa beda arti” ujar Bripda Hanifah sambil tersenyum

Uniknya, didalam kelas, para Polwan cantik ini menjelaskan tentang tertib berlalu lintas. Bahkan mereka membuat yel-yel keselamatan berlalu lintas dengan bahasa isyarat.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. menuturkan, sesuai dengan konsep awal, 3 Polwan Satlantas ini akan belajar bahasa isyarat sampai benar-benar mahir.

“Rencana awal 3 bulan. Gak nyangka juga ternyata beberapa kali pertemuan mereka sudah cukup menguasai. Tinggal tambah jam terbang saja biar lebih mantap” Jelas AKP Ricky

AKP Ricky berharap, dengan kompetensi baru yang dimiliki oleh jajarannya ini dapat lebih membantu saudara maupaun masyarakat yang memiliki kekurangan khususnya tuna wicara sehingga pelayanan Polri bisa lebih maksimal.

“Progres ini akan terus berjalan. Semakin cepat semakin bagus. Setelah 3 anggota ini akan dilanjutkan oleh personel yang lain.” Pungkasnya

polres trenggalek

Posting Terkait