Respon Bhabinkamtibmas Terhadap Banjir dan Tanah Longsor di Desa Binaan

46 views

whatsapp-image-2017-04-30-at-1-31-04-pmPolres Trenggalek –  Hujan yang berintensitas tinggi dan berdurasi panjang di tambah tingginya tingkat kerentanan tanah akan mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Seperti halnya di wilayah Kabupaten Trenggalek kemaren Sabtu (29/4/2017) memicu terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa kawasan di antaranya di Desa Ngares Kecamatan Trenggalek .

Akibat Hujan tersebut mengakibatkan beberapa titik terjadi luapan air sampai ketinggian kurang lebih mencapai lutut orang dewasa atau 30 cm. Serta mengakibatkan tanah longsor yang menyebabkan beberapa rumah milik warga tertimpa tanah longsoran hingga rusak parah.

Mendapatkan laporan dan kejadian musibah bencana tersebut maka anggota Bhabinkamtibmas Desa Ngares Bripka Andri Subagyo serta Babinsa bersama sama warga setempat melakukan kerja bakti. Minggu (30/4).

“Dengan adanya kegiatan kerja bakti ini mudah – mudahan bisa membantu meringankan beban dari warga yang rumahnya tergenang airdan tertimpa tanah akibat longsoran”, ucap Bripka Andri

Kerja bakti tersebut bertujuan untuk membersihkan lumpur  akibat banjir serta longsoran yang terjadi hingga menutup akses jalan utama yang menghubungkan antara RT. 26 sampai RT. 28 Dsn. Sambi  Desa Ngares.

Dengan berseragam lengkap dan sepatu bot Bripka Andri bersemangat bersama warga mengeruk tanah , membersihkan lumpur  serta menyisihkan sisa puing akibat banjir dan tanah longsor menggunakan alat seadanya seperti cangkul, sabit, dan sekop milik warga.

“Dalam musibah banjir dan tanah longsor ini mengakibatkan kerugian material warga yang rumahnya tertimbun longsoran, dan tercatat 4 rumah milik warga rusak parah, sementara untuk korban jiwa tidak ada”, tutup Bripka Andri. (dev).

polres trenggalek

Posting Terkait