Produksi Selep Padi di Butuhkan Masyarakat Serta Menjanjikan Keuntungan

156 views

Polres Trenggalek – Patroli yang dilaksanakan oleh Bripka Tulus Anggota Polsek Kampak Polres Trenggalek dengan sasaran tempat usaha selep padi di daerah desa Bogoran Kampak Trenggalek, Sabtu (29/04).

Usaha jasa penggilingan padi umumnya tidak berjalan penuh sepanjang tahun atau bersifat musiman, sebab gabah tidak tersedia sepanjang tahun. Kegiatan usaha jasa penggilingan padi berjalan hanya pada musim panen dan beberapa bulan setelahnya, tergantung pada besarnya hasil panen di wilayah sekitar penggilingan padi berada. Oleh karena itu, hari kerja suatu penggilingan padi dalam setahun ditentukan oleh volume hasil dan frekuensi panen di wilayah sekitarnya. Pada masa-masa di luar musim panen, biasanya pemilik dan pekerja usaha jasa penggilingan padi akan mengisi waktu mereka dengan jenis kegiatan lainnya seperti bertani dan berdagang. Oleh karena itu, banyak di antara pemilik penggilingan padi juga berprofesi sebagai pedagang beras untuk mengisi kekosongan kegiatan penggilingan padi, bila mereka mempunyai modal yang cukup untuk itu. Hal ini tidak menjadi masalah dalam pengembangan desa ekologi.

Mengamati hal tersebut tak lupa Bripka Tulus menyisakan sedikit waktu untuk bercengkerama dengan pemilik selep padi menanyakan perkembangan gabah untuk tahun ini apakah ada peningkatan atau penurunan, serta memberikan himbauan agar pekerja yang bekerja di selep mengutamakan keselamatan dan berhati hati.

“Alhamdulillah gabah untuk tahun ini cukup banyak pak, serta usaha saya tak henti hentinya melakukan proses penyelepan” tutur pemilik selep.

polres trenggalek

Posting Terkait