Polsek Karangan Amankan Pertunjukan Kesenian Jaranan Kuda Lumping

138 views

Polres Trenggalek – Kesenian jaranan akhir – akhir ini mulai diminati masyarakat walaupun ini termasuk kesenian tradisional  namun tidak tergoyahkan dengan kebudayaan modern dari barat dan setiap dipentaskan selalu banyak penontonnya.

Aiptu Asri sutrisno bersama lima anggota Polsek Karangan  melaksanakan pengamanan hiburan masyarakat kesenian  Jaranan  Kuda Lumping Turonggo Manggala  di Rt 18 Rw 06 Desa Sumberingin Kecamatan Karangan, sabtu (15/04).

Pertunjukan hiburan masyarakat yang diberi nama Jaranan Turonggo Manggala ini merupakan hiburan gratis bagi masyarakat dengan tujuan melestarikan kebudayaan asli bangsa Indonesia.

Pertunjukan semacam ini biasanya ditarikan oleh para pria dan wanita terdiri dari 4 sampai 6 orang penari. Beberapa penari muda menunggangi kuda- kudaan terbuat dari anyaman bambu dan menari mengikuti alunan musik. Pada bagian ini menggambarkan tentang kehidupan manusia yang di dalamnya berisi keserasian, keseimbangan dan bahkan perbedaan.

Beberapa penari yang hanyut dalam musik dan tari bisa kesurupan, ini merupakan sensasi yang seakan ada rasa nikmat bagi sebagian penari tersebut. Saat para penari ini kesurupan para penonton bersorak – sorak. Ini yang bisa menimbulkan kerawanan sehingga setiap ada pertunjukan semacam ini perlu kehadiran polisi untuk mengamankanya.

“Kelompok kami yang tergabung dalam satu grup Kuda Lumping Turonggo Manggala ini kalau pentas selalu banyak penontonnya bahkan bukan penari yang kerap kesurupan para penonton dengan sepontan ada juga yang kesurupan .” ungkap Gunawan ketua kelompok grup jaranan Kuda Lumping Turonggo Manggala.

Pertugas Polsek Karangan dalam pelaksanaan pengamanan kesenian semacam ini memakai pola pendekatan dan yang penting tidak dijadikan ajang minum – minuman keras.

“Penari dan penonton boleh kesurupan tetapi jangan membuat ulah dan minum – minuman keras yang bisa mabuk, akibatnya kesurupan campur mabuk bisa berbahaya,” pesan Aiptu Asri Sutrisno yang memimpin pengamanan pada malam itu.

polres trenggalek

Posting Terkait