Polisi Tanggap dan Terjun Langsung Cek Kabar Berita Kambing Tanpa Mata, Mulut, dan Kepala.

88 views

Polres Trenggalek – Polsek Kampak, Dipimpin Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Anwar, Sh bersama 4 Orang anggota terjun langsung cek kebenaran berita di Medsos kambing tanpa mata, mulut dan kepala, Senin (10/04).

Sore ini jam 16.00 wib saya kaget ketika browsing di facebook kok ada berita kambing tanpa mata, mulut dan kepala, saya khawatir berita tersebut adalah berita hoax” ujar Anwar, Sh

Tak butuh waktu lama selanjutnya Iptu Anwar, Sh mengecek kebenaran berita tersebut dan menuju ke Desa Bogoran rt.34 / rw.11 Kecamatan Kampak, ketika menggali informasi ternyata kabar tersebut memang benar adanya, pemilik kambing tersebut bernama pak Paino, namun sayangnya kambing tersebut telah mati pada hari Minggu (09/04).

inggih pak kambing kulo kolo wingi lahir, mboten wonten moto, lambe lan ndas e mboten sempurna, namung selisih setunggal jam sampun mati (iya pak kemarin kambing saya lahir, tidak ada mata, mulut serta kepalanya tidak sempurna, tapi selisih satu jam sudah meninggal)” tutur Paino.

mengenali ciri-ciri berita Hoax,  kemudian menandai kejanggalan – kejanggalan dengan pedoman berikut ini:

Berita pertama kali didistribusikan melalui email, mailing list, forum, blog, facebook, yang kemudian disebarluaskan via twitter. Isinya bertentangan dengan logika umum dan ilmu pengetahuan atau terdapat kontradiksi dengan fakta yang sudah umum diketahui, Menggunakan istilah yang terkesan ilmiah, yang memanfaatkan ketidaktahuan / keawaman pembaca, Bentuk kalimat yang mendorong pembaca untuk menyebarluaskan pesan tersebut, Sumber berita tidak jelas identitasnya, serta yang terakhir Tidak ada link sumber untuk informasi yang dianggap penting.

 

polres trenggalek

Posting Terkait