Peran Kepolisian Dalam Melestarikan Kebudayaan Daerah

126 views

Polres Trenggalek-Desa memiliki hak asal-usul dan hak tradisional dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat, terutama menyangkut pelestarian budaya, sosial, adat, pengaturan dan pengurusan adat, serta pemeliharaan ketenteraman adat dan budaya.

Untuk tetap memelihara keamanan dan ketertiban adat budaya disuatu Desa, Polri dituntut tetap menempatkan personelnya agar kehidupan sosial budaya masyarakat desa dapat berjalan dengan baik. Bhabinkamtibmas merupakan anggota Polri yang bertugas melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap warga masyarakat.

Selain itu Polri juga memiliki peran penting dalam menjaga dan mengawasi kebudayaan di suatu daerah, dan menjadi tanggung jawabnya untuk terus dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk tetap menjaga kesadaran dan ketaatan terhadap hukum dan perundang-undangan sebagai landasan utama.

Aipda Budi Utomo personil Polsek Bendungan polres trenggaek selaku petugas Bhabinkamtibmas Desa Sumurup kecamatan Bendungan, selasa (18/04) menghadiri arisan rutin komunitas budaya jaranan se Kecamatan Bendungan yang di laksanakan di kantor Desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk tetap menjaga dan melestarikan adat dan kebudayaan daerah di Kabupaten Trenggalek, kususnya kebudayaan daerah di Desa Sumurup Kecamatan Bendungan.

“Ketertiban masyarakat dalam menjaga dan melestarikan adat budaya perlu dilindungi dan di awasi, agar di era globalisasi ini budaya Indonesia tetap, maju, mandiri dan kuat. Apalagi di jaman sekarang ini banyak generasi muda yang tidak peduli dengan kebudayan Indonesia, kita harus tetap kukuh melestarikan kebudayaan daerah tanpa mengesampingkan undang-undang dan hukum yang berlaku.” ucap Aipda Budi Utomo.

polres trenggalek

Posting Terkait