Penggunaan Internet Yang Sehat Dan Aman

104 views

Polres Trenggalek – Pada siang yang cerah di lingkungan SMPN 1 Karangan terdapat puluhan pelajar yang sedang bergerombol di halaman sekolah. Bripka Joni Dwi bersama tiga anggota Polsek Karangan Polres Trenggalek yang kebetulan sedang patroli menghentikan mobil patrolinya kemudian beranjak mendekati kerumunan pelajar tersebut Selanjutnya memberi salam “asalamu alaikum selamat siang adik – adik” kemudian dijawab serempak “walaikum salam, selamat siang Pak Polisi. Kemudian Bripka Joni Dwi melanjutkan dialog sekedar menyapa dan memperkenalkan diri.

Pada kesempatan tersebut diinformasikan juga kepada para pelajar akan pentingnya menggunakan internet atau medsos yang sehat dan aman. “ Begini adik-adik sekarang ini kan jamannya sudah sangat canggih sedikit-sedikit kita selalu membuka internet/ medsos misalannya WA, Instagram, Facebook dan lain-lain. Ini memang fenomena yang tidak bisa kita pungkiri era saat ini, namun adik-adik perlu tahu bahwa penggunaan medsos ada aturan atau rambu-rambu yang tidak boleh kita langgar.

Kita sedang asik-asiknya bermedsos ria tau-taunya kita sadari atau tidak, telah menyinggung perasaan orang lain dengan menulis kata-kata yang bernada menghasut, mengancam, juga berbau sara, dengan kata lain telah menimbulkan ujaran kebencian kepada orang lain.

Ini semua ada aturannya kalau kita sampai berbuat hal itu bisa kena sanksi Undang-Undang Informasi dan transaksi elektronika yaitu UU No. 11 Tahun 2008 yang sanksinya bisa kena hukuman sampai 6 tahun atau denda 1 milyar rupiah.

Kami datang kesisni mengingatkan kepada adik-adik semuanya dan beritahukan juga kepada kanwan-kawanmu yang lain jangan sampai menyebarkan berita bohong atau berita-berita yang merugikan orang lain.

Bermedsoslah yang sehat jangan buka situs porno dan carilah posisi aman dengan tidak menyebarkan berita-berita yang berisi ujaran kebencian kepada orang lain.

Sesaat kemudian Bripka Jhoni Dwi berpamitan bahwa akan meneruskan tugas patroli ke tempat lain. “Terimakasih pak polisi atas informasinya yang sangat bermanfaat bagi kami.”

polres trenggalek

Posting Terkait