Pemerintah Desa Gamping, Kecamatan Suruh Gelar Ceremonial Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT- Dana Desa)

19 views

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Gamping, Polsek Suruh, Polres Trenggalek Bripka Agus Mulyono, S.H.,M.H.,M.A.P. berdampingan dengan Stakeholders pemerintah desa setempat menggelar ceremonial penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari sebagian transfer Dana Desa. Rabu, (6/4/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Desa, Ketua BPD, Camat Suruh yang diwakili  Kaur Kesra, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan seluruh Perangkat Desa serta 8 (delapan) perwakilan warga prasejahtera penerima bantuan.

Puguh Arbiyantoro, S.Sos. selaku Kepala Desa mengatakan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan bantuan sosial tunai atas dasar instruksi pemerintah pusat guna membantu warga miskin terdampak pandemik Corona (COVID-19).

Sedangkan warga penerima bantuan sejumlah 20 Kepala Keluarga dengan besaran nominal Rp. 600.000,- diterimakan penuh tanpa potongan selama rentang waktu 3 bulan.

“Sumonggo ibu dan bapak warga penerima bantuan agar menggunakan uangnya secara efektif dan efisien untuk belanja kebutuhan sembako, terapkan pola hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan dengan kecukupan gizi dan vitamin agar ketahanan atau imunitas tubuh stabil sehingga dapat mencegah, menangkal penyebaran virus berbahaya Corona”.ujar Puguh.

Agus Mulyono selaku Bhabinkamtibmas desa saat dikonfirmasi mengatakan, semua rangkaian kegiatan tidak lepas dari upaya menuju tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

“Jadi ada tiga pilar utama Good Governance (GG) sebagai penopang yakni partisipasi, Keikut sertaan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan kebijakan-kebijakan pemerintah sehingga menjadi aspek krusial agar pemerintah tidak gegabah dalam melaksanakan setiap program kerjanya. Transparansi, keterbukaan pemerintah dan organ-organ didalamnya kepada publik, sehingga masyarakat dan media dapat mengetahui arus kerja pemerintah secara jelas dan gamblang. Yang terakhir adalah akuntabilitas, pertanggungjawaban seseorang atas hasil dari tugas dan kewajibannya”. Jelas Brigadir Polisi yang pernah menyelesaikan study akademis kebijakan publik ini.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K.,M.H. melalui Kapolsek Suruh AKP I Wayan Sumantra, S.H. saat dikonfirmasi ditempat terpisah mengatakan penyaluran bantuan sosial atas kebijakan pemerintah pusat berkenaan refocusing Dana Desa (DD) untuk percepatan penanganan wabah Corona (COVID-19) di wilayah hukum Polsek Suruh, Polres Trenggalek Alhamdulillah secara umum berjalan aman dan lancar, negatif ketercelaan perbuatan.

“Kami apresiasi soliditas rekan-rekan lintas sektoral yang telah sukses saling support sesuai peran masing-masing sehingga hasil pelaksanaan tugas dan kewajibannya dapat dipertanggungjawabkan secara internal kepada Tuhan Yang Maha Esa ataupun eksternal kepada lingkungannya, baik lingkungan formal kedinasan maupun lingkungan masyarakat, output dari segalanya program tersalurkan sesuai regulasi, tepat sasaran, tepat guna terarah dan terukur. Pungkasnya. (gusmul)

polres trenggalek trenggalek

Posting Terkait