Patroli Dialogis Guna Memupuk Kebersamaan dan Kesadaran Kamtibmas

117 views

 

Polres Trenggalek – Melaksanakan patroli untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif sebagai bentuk pemeliharaan kamtibmas di wilayah Polsek Dongko Polres Trenggalek. Minggu 11/3/2018

Saat melaksanakan patroli yang dipimpin oleh Aiptu Heru Cahyo Widodo KSPKT Polsek Dongko bersama anggota untuk memantau obyek vital dan pertokoan antisipasi tindak kejahatan dan kriminalitas. Sesaat patroli berhenti untuk menyambangi kios pakan burung Dongko, yang kebetulan disitu ada warga sedang santai menikmati libur hari minggu.

Dalam kesempatan tersebut tampak
Aiptu Heru berikan pesan kamtibmas.
“Kami harapkan agar seluruh lapisan masyarakat ikut berperan aktif membantu menciptakan kamtibmas dengan siskamling di wilayah rukun tetangga masing-masing, yang berguna menjadi polisi bagi diri sendiri,lingkungan dan masyarakat,” ucapnya.

Setelah di rasa cukup selanjutnya petugas kembali melaksanakan patroli mobiling di wilayah hukum Polsek Dongko.

Ditemui selesai kegiatan Aiptu Heru Cahyo mengatakan hal ini sering dilaksanakan untuk memberikan  pemahaman kepada masyarakat, ungkapnya.

Sementara dikesempatan terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., mengatakan upaya preemtif dengan mendekatkan kamtibmas kepada masyarakat, hal ini merupakan langkah awal memupuk kesadaran untuk saling menjaga, membina serta melaksanakan hubungan yang harmonis antara Kepolisian dengan masyarakat, ujarnya.

Lebih lanjut AKP Tri Basuki,S.H., menambahkan bahwa personilnya akan tetap melakukan patroli dan sambang serta dialogis guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, karena dengan kehadiran Polisi dilapangan diharapkan mampu membuat perasaan masyarakat merasa nyaman, tukasnya.

Masih kata AKP Tri Basuki,S.H., dengan kegiatan patroli dialogis seperti ini, sangat berguna untuk lebih mendekatkan bahwasanya peran Polisi adalah mitra masyarakat, serta perlu adanya tindakan nyata yakni lebih mengedepankan dialog untuk sharing positif terkait kamtibmas, jelasnya.

“Selain itu juga berguna untuk antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas, serta membangun kekuatan kamtibmas dengan elemen masyarakat, sekaligus sebagai bentuk upaya perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Tri Basuki,S.H., Kapolsek dengan pangkat tiga balok emas dipundak ini.

” Dengan menjalankan aksi yang nyata yakni patroli mobiling dan dialogis seperti ini hanyalah demi terciptanya situasi wilayah hukum di Polsek Dongko Polres Trenggalek yang aman dan kondusif,” pungkas AKP Tri Basuki,S.H.

polres trenggalek

Posting Terkait