Meneladani Tokoh Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara

100 views

Polres Trenggalek – Polsek Dongko (2/5) Dalam upacara peringatan Hari Pendidikan nasional yang dilaksanakan dihalaman Kantor Kecamatan Dongko sebagai undangan unsur dari Muspika, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA serta Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat dan yang menjadi pasukan Upacara terdiri dari ikatan Guru sekecamatan Dongko (PGRI Dongko),murid Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Murid Sekolah Menengah Atas.

Seluruh Rangkaian upacara berjalan dengan khidmat dan dalam sambutan sebagai Irup oleh Camat Dongko Ir. MULYONO menyampaikan perlunya meneladani tokoh Ki Hajar Dewantoro dalam hal kepemimpinan Pendidikan dengan konsep “laku telu” atau tiga peran yang dirumuskan dalam frasa bahasa Jawa : (ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa,Tutwuri Handayani) yang artinya apabila didepan memberi teladan, apabila ditengah memberi Ilham atau inspirasi dan apabila dibelakang memberikan dorongan.

Ketiga konsep tersebut harus dilaksanakan secara seksama baik bergantian maupun serempak dalam sosok pendidikan yang utuh.

Upacara ini penting dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tahunnya agar diharapkan para siswa sekolah mengerti dan Sadar akan pentingnya Pendidikan pungkas Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki, S.H.
(cah).

polres trenggalek

Posting Terkait