Membantu Warga Dengan Beribu Jalan

160 views

Polres Trenggalek – Kamis ( 23/3 ), ada yang lain disini pada waktu hari pasaran legi desa Tanggaran nampak beberapa personel Polsek Pule sedang aktifitas angkat -angkat barang menuju pick -up, ada kejadian apa kok sampai personel Polsek Pule Polres Trenggalek dalam berpakaian dinas mengangkat barang berupa hasil bumi ke atas kendaraan, ternyata….

 

 

Semua kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan wujud kerelaan personel Polsek Pule Polres Trenggalek saat kegiatan patroli membantu salah satu warga yang berdagang di pasar hari legi, desa Tanggaran dalam mengemasi barangnya untuk dibawa pulang selesai berdagang dipasar. Pada saat bersamaan Patroli Polsek Pule Polres Trenggalek yang dipimpin Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi dengan personel lainya Aiptu Nugroho dan Aiptu Mansur datang dalam memantau situasi saat kegiatan pasaran.

 

 

” Selain menjaga harta benda milik warga, anggota kami juga memiliki kepedulian sesama manusia dalam hal membantu. Itu dengan tidak menginginkan pujian dan seolah -olah setingan, kami iklas membantu warga yang memerlukan bantuan dan tujuan kami hanya satu memberikan bantuan kepada warga, ” kata Waka Polsek Pule Polres Trenggalek Ipda Sanusi, SH saat dikonfirmasi.

 

 

Mereka berpedoman dalam pelaksanaan tugas, Inti pekerjaan polisi adalah melindungi, membimbing, dan mengayomi. Bagi polisi, kekerasan hanya dibenarkan jika menghadapi situasi sangat berbahaya dan kondisi yang mengancam dirinya, terutama ancaman pembunuhan. Dalam tataran ini penting tumbuhnya ”empati” dalam relasi antara polisi dan masyarakat, mengingat dalam relasi itu polisi bisa bertemu dengan watak-watak manusia yang emosional dan tidak mampu mengendalikan diri.

 

 

Di sini pentingnya kematangan ”budi” bagi polisi dalam tugas. Konsekuensinya, polisi harus ”menyayangi” siapa pun warga yang dihadapi dengan memosisikan diri sebagai bagian tak terpisahkan dari masyarakat yang dilayani. Ini disebut integrasi.

 

polres trenggalek

Posting Terkait