Masyarakat Harus Bisa Bedakan Berita Hoax Dan Kabar Benar

114 views

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek desa Sidomulyo Bripka Andik Saat dalam acara berkumpul dengan warga melalui kegiatan yasinan yang dilaksanakan pada Kamis malam ( 23/3 ), Dalam kegiatan yang dilaksanakan di rumah Jadi, ( Rt/01 ), ( Rw/01 ), dusun krajan, desa sidomulyo , menyampaikan agar masyarakat yang menjadi binaanya terhindar dari isu Hoax yang pernah berkembang di media sosial.

” Kita sampaikan kepada warga sidomulyo, agar lebih cerdas dalam menerima kabar dari sumber internet. Untuk lebih berhati -hati bila mendapatkan kabar yang sifatnya profokatif agar di tanyakan kepada orang yang lebih mengetahui dan mencari sumber pemberitaan lainya, ” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek desa Sidomulyo Bripka Andik saat dikonfirmasi.

Lanjut Bhabinkamtibmas Polsek Pule Bripka Andik, pertumbuhan penetrasi smartphone dan media sosial yang tidak diimbangi literasi digital menyebabkan berita palsu alias hoax merajalela di Indonesia. Informasi menyesatkan banyak beredar melalui aneka jalur digital, termasuk situs online dan pesan chatting.

” Kalau tidak hati-hati, netizen bisa termakan tipuan hoax, atau bahkan ikut menyebarkan informasi palsu yang boleh jadi sangat merugikan bagi pihak korban fitnah, ” imbuh Bhabinkamtibmas Bripka Andik.

Yang lebih utama dalam pemberitaan itu Berita hoax, kerapkali yang posting membubuhi judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isinya pun bisa dicomot dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.

Karena itu, apabila menjumpai berita denga judul provokatif, sebaiknya cari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan begini, setidaknya pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang.

polres trenggalek

Posting Terkait