Latihan Beladiri Pagar Nusa dikunjungi Kapolsek Kampak Trenggalek.

793 views

Polres Trenggalek, Beladiri PN (pagar nusa) diikuti kurang lebih 30 (tiga puluh) pesilat berlokasi di lapangan desa Senden Kampak Trenggalek dikunjungi oleh Kapolsek Kampak Polres Trenggalek, Minggu (16/04).

Kapolsek Kampak Polres Trenggalek IPTU Anwar, S.H. mendapatkan keterangan tentang sejarah Silat Pagar Nusa merupakan silat yang di rintis oleh KH. Agus Maksum Jauhari ini berlandaskan Agama Islam yang di naungi oleh Organisasi Nahdhatu Ulama, selain itu ilmu tidak mempelajari pengolahan tubuh saja melainkan pengolahan Wiraga (pengolahan tubuh),Wirasa (pengolahan batin), dan Wirama (keindahan). Pagar nusa mendidik siswanya untuk mempertahankan diri dari serangan musuh, ilmu ini tidak untuk di sombongkan tetapi hanya untuk membela diri saja.

Misi dari Pagar Nusa adalah untuk memperkenalkan pesilat tradisional didalam IPSI (ikatan pencak silat indomesia) dan menjadikan pagar nusa sebagai jembatan bagi altet berprestasi untuk dapat berpatisipasi di kancah nasional dan internasional.

“Ingat belajar beladiri itu penting demi melestarikan budaya asli indonesia dan yang terpenting hindari Narkoba, Miras, dan pergaulan bebas agar menjadi penerus bangsa yang handal” ujar IPTU Anwar, SH kepada para pesilat.

polres trenggalek

Posting Terkait