Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Fasilitas Distribusi Program Subsidi Rastra 2017

48 views

Polres Trenggalek –  Dalam koordinasi persiapan pelaksanaan kegiatan fasilitas distribusi program subsidi Rastra tahun 2017 dan evaluasi kelengkapan Rastra Desa, Iptu Budi Hartaya, SH Wakapolsek Panggul Polres Trenggalek mengikuti giat tersebut di Gedung balai rakyat Kec.Panggul Kab.Trenggalek . Senin (08/05)

Penyaluran beras bersubsidi bagi masyarakat berpendapatan rendah telah dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1998. Program ini pada awalnya disebut dengan Operasi Pasar Khusus (OPK) yang dilaksanakan sebagai program darurat untuk merespon krisis ekonomi yang terjadi pada saat itu. Pada perkembangannya, program beras bersubsidi diperluas fungsinya sebagai bagian dari program perlindungan sosial yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat berpendapatan rendah dalam pemenuhan hak dasar berupa kebutuhan pangan pokok dan dikenal dengan sebutan Raskin/Rastra.

Hadir dalam giat tersebut.

– Muspika Kec Panggul.

– Pendamping PKH dari Kec Panggul.

– Perwakilan 1 orang di masing-masing Desa Se Kec.Panggul.

Dalam kesempatan ini Kasi Kesejahteraan Kec.Panggul, mengatakan bahwa untuk data hasil Rastra sudah turun dari Mensos ke Kab.Trenggalek sudah jelas nama dan alamat dan selanjutnya di salurkan ke tingkat Kecamatan.

Adapun untuk kendala dari Desa adalah data dari Desa jumlah tidak sama data yg sudah turun dari Mensos dg alasan keterbatasan alokasi untuk wilayah Kab Trenggalek. Dengan adanya hal tersebut pihak Desa betul betul memilih warga yg miskin dengan cara mengikutsertakan Ketua Rt. Untuk Rastra tahun 2017 untuk Wilayah Kec Panggul mendapatkan berjumlah 8.449 orang.

Adapun data hasil musdes penetapan KPM program subsidi Rastra se Kec Panggul:

  1. Desa Banjar jumlah :423.
  2. Desa Barang jumlah :303.
  3. Desa Besuki jumlah :487.
  4. Desa Bodag jumlah :240.
  5. Desa Depok jumlah :773.
  6. Desa Gayam jumlah :182.
  7. Desa Karangtengah jumlah :567.
  8. Desa Kertosono jumlah :483.
  9. Desa Manggis jumlah :674.
  10. Desa Nglebeng jumlah :532.
  11. Desa Ngrambingan jumlah :815
  12. Desa Ngrencak jumlah :659.
  13. Desa Panggul jumlah :211.
  14. Desa Sawahan jumlah :669.
  15. Desa Tangkil jumlah :669.
  16. Desa Terbis jumlah :518.
  17. Desa Banjar jumlah :244.

Ditempat yang sama Sekcam Panggul menyampaikan bahwa dengan adanya bantuan Rastra kita harus benar- benar dengan sesuai SOP karena itu uang negara untuk masyarakat miskin.

Kapolsek Panggul AKP Suprpato, SH melalui Wakapolsek Panggul Iptu Budi Hartaya, SH yang mengikuti giat tersebut menambahaan “Mohon di data betul dengan adanya program Rastra tersebut biar masyarakat yang tidak mendapat menerima dan menyadari. Untuk pembagian Rastra laksanakan sesuai dengan prosedur untuk menghindari hal-hal yg tidak di inginkan. Serta selalu koordinasi dengan petugas yang menangani Rastra Kec.Panggul biar kita bisa menyamakan persepsi untuk di masing-masing Desa.”

Dalam giat fasilitas distribusi Program subsidi rastra tahun 2017 dan evaluasi kelengkapan Rastra Desa ini berjalan dengan situasi aman terkendali.(dkzld)

polres trenggalek

Posting Terkait