Kita Lakukan Pengamanan Dari Lingkungan Terkecil

120 views

Polres Trenggalek – KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Nugroho dan Kanit Provos Aiptu Mansur dalam dialogis dengan ketua Rukun Tetangga ( RT), dusun Kasrepan, desa Jombok, sebut saja Teguh. Dalam dialogis yang dilaksanakan di warung milik Mbah Sar Jombok, menyampaikan pencegahan terjadinya tindak pencurian diawali dari lingkungan yang pro aktif dalam kegiatan Pos Kamling.

” Selain dalam wahana pertemuan antar warga dilingkungan, Kegiatan Pos Kamling juga bisa untuk penangkal masuknya pelaku kriminal di lingkungan. Selagi kita jaga ketahanan dilingkungan masing -masing saya pastikan lingkup yang lebih luas juga akan aman, ” kata KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Nugroho dihadapan warga.

Dalam penyampaian KSPK Aiptu Nugrohilo, Kepanjangan dari singkatan Pos Kamling, atau arti dari singkatan Pos Kamling adalah pos keamanan keliling, dimana fungsinya adalah merupakan pos jaga bagi para warga dilingkungan yang biasa berjaga dimalam hari demi untuk keamanan  , kampung maupun desa dimana mereka bertempat atau bertugas.

Lebih lanjut disampaikan, Pos Kampling atau disebut juga gardu maupun pos ronda atau pos jaga adalah sebuah bangunan yang berukuran mulai dari 3 x 3 sampai dengan ukuran yang lebih luas 5 x 5 meter seperti gambar diatas. biasanya terdiri atas sebuah bangunan yang berbentuk kotak baik terbuat dari bambu , kayu maupun bangunan batu bata seperti saat ini dan berfungsi sebagai tempat peristirahatan atau duduk bagi  petugas jaga pada saat itu. Pos kampling dibangun dengan tujuan untuk berbagai hal yang pada intinya sebagai tempat peristirahatan atau duduk para penjaga kampung , blok maupun dusun demi terciptanya Kamtibmas dilingkup dusun.

KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Nugroho menyayangkan apabila fungsi Pos Kamling berubah, Fungsi Pos kampling pada dasarnya adalah seperti diatas yakni tempat jaga namun tidak semuanya karena pos kampling juga bisa beralih fungsi dan tidak jarang dijadikan tempat untuk nongkrong kaula muda maupun tempat untuk bermain gaplek. ” Yang paling ironis alih fungsi tempat pacaran maupun berbagai hal atau kebutuhan lainnya, seperti tempat istirahat para pengamen , pejalan kaki yang sedang kehujanan dan fungsi lainnya, ” kata KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Nugroho menambahkan.

polres trenggalek

Posting Terkait