Kita Harus Lebih Waspada Terhadap Berita Hoax

130 views

Polres Trenggalek – Penyampaian KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Joko Nurhadi kepada dua remaja yang menghadiri Kegiatan IPPNU di balai desa Jombok, Sabtu ( 17/3 ). Kegiatan yang disampaikan dalam upaya sosialisasi atau Turn Back Crime atas pemberitaan yang bernuansa bohong dan menyesatkan dengan diunggah di medsos seolah – olah adanya kejadian yang sebenarnya.

 

 

“ Kalian merupakan generasi yang masih muda dan saat ini pasti mengenal adanya media sosial yang berkembang, dari permasalahan yang muncul hindari mengakses atau tranformasi pemberitaan yang belum jelas sumbernya. Dan jangan sampai adanya permulaan iseng – iseng dengan rekan, kalian kena masalah hukum, “ kata KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Joko Nurhadi kepada mereka.

 

 

Lebih lanjut disampaikan, Pada kemajuan teknologi informasi komunikasi saat ini tidak hanya memberikan dampak yang positif tetapi juga memberikan dampak yang buruk. Penyampaian akan informasi begitu cepat dimana setiap orang telah dengan mudah memproduksi informasi, dan informasi yang begitu cepat tersebut melalui beberapa media sosial seperti facebook, twitter, ataupun pesan telpon genggam seperti, whatsapp dan lain sebagainya yang tidak dapat difilter dengan baik.

 

 

Informasi yang dikeluarkan baik orang perorang maupun badan usaha melalui media sosial dan elektronik ketika telah terkirim dan dibaca oleh banyak orang dapat mempengaruhi emosi, perasaan, pikiran bahkan tindakan seseorang atau kelompok. “ Sangat disayangkan apabila informasi yang disampaikan tersebut adalah informasi yang tidak akurat terlebih informasi tersebut adalah informasi bohong (hoax) dengan judul yang sangat provokatif mengiring pembaca dan penerima kepada opini yang negatif, “ tambah KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Joko.

 

 

Opini negatif, fitnah, penyebar kebencian yang diterima dan menyerang pihak ataupun membuat orang menjadi takut, terancam dan dapat merugikan pihak yang diberitakan sehingga dapat merusak reputasi dan menimbulkan kerugian materi.

 

polres trenggalek

Posting Terkait