Kerjasama dengan Kemenag, Polres Trenggalek Gelar Penyuluhan Agama Islam

101 views

Polres Trenggalek – Sudah menjadi agenda rutin tiap hari Kamis Polres Trenggalek menggelar Binrohtal atau Bimbingan Rohani dan Mental. Binrohtal ini merupakan salah satu upaya Polres Trenggalek dalam rangka meningkatkan mental kepribadian dan ketaqwaan personel kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bagi yang beragama Islam, usai apel pagi wajib mengikuti  ibadah Salat Duha, dilanjutkan baca surat yasin dan mengikuti Tauziah dari ulama ataupun tokoh agama di Masjid Baitul Muttaqin lingkungan Mapolres.

Wakapolres Trenggalek, Kompol Agung Setyono, S.S., menuturkan, kegiatan Binrohtal kali ini sedikit berbeda karena dikemas dalam bentuk penyuluhan agama Islam yang menghadirkan penceramah Imam Sopingi, S.Ag dari Kantor Kemenag Kabupaten Trenggalek yang diikuti oleh sedikitnya 200 orang personel Polres dan Polsek jajaran. Kamis (15/03)

“Kalau biasanya masing-masing Polsek melaksanakan sendiri-sendiri, untuk kali ini kita jadikan satu di Masjid Polres.” Ungkap Kompol Agung.

Masih kata Wakapolres, materi ceramah yang disampaikan merupakan permasalah terkini yang menjadi tren di tengah masyarakat. Tujuannya, agar personel dapat memahami permasalahan baik dari sudut pandang hukum maupun agama.

“Jadi kalau anggota menemukan permasalahan bisa menyelesaikan secara komprehensif” Imbuhnya

Sementara itu, Imam Sopingi dalam ceramahnya menyoroti tentang maraknya Hoax, ujaran kebencian dan isu-isu Sara yang merebak khususnya melalui Media Sosial. Sesuai dengan Fatwa MUI nomor 24 tahun 2017 tentang hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial. Fatwa MUI tersebut secara jelas menyatakan bermuamalah di Medsos diharamkan melaukan Ghibah, Fitnah, menyebar kebencian, Sara, Hoax, pornografi maupun menyebarkan konten yang tidak benar.

“Kuncinya adalah Tabayyun. Kroscek ulang dan klarifikasi pada sumber yang kredibel” Tegasnya

polres trenggalek

Posting Terkait