Keberadaan Bhabinkamtibmas di Desa binaanya

106 views

Polres Trenggalek – Polsek Kampak Bhabinkamtibmas merupakan kepanjangan tangan dari upaya Polri mendekatkan diri kepada masyarakat, seperti terlihat dalam acara kelas ibu hamil di Ds. Timahan dimana Bhabinkamtibmas turut berperan aktif membantu bidan Desa memberikan himbauan dan menjalin keakraban dengan para peserta kelas ibu hamil. Sabtu ( 10/03/2018).

Dalam kehadirannya Bhabinkamtibmas Ds. Timahan Brigadir Puguh Riyanto, SH melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya:

  1. Sosialisasi tentang berlakunya ops. Keselamatan Semeru 2018 mulai tgl 05 – 25 maret 2018, oleh karena itu warga harus tertib lalu lintas.
  2. Mengajak warga menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas guna cegah laka lantas.
  3. Membagikan kartu nama BHKTM, serta menitipkan pesan kamtibmas apabila ada info sekecil apapun tentang gangguan kamtibmas agar disampaikan kpd BHKTM pada kesempatan pertama.

“Semoga dengan kehadiran dan kegiatan Bhabinkamtibmas di beberapa kegiatan warga mampu memberikan manfaat serta pengetahuan di Desa binaan kami”, ujar Brigadir Puguh Riyanto, SH.

Berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.KEP/8/II/2009 tentang perubahan buku petunjuk lapangan Kapolri No.Pol. :BUJUKLAP/17/VII/1997 tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) dari Tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.

Sedangkan menurut Pasal 1 angka 4 Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat bahwa yang dimaksud dengan Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas di Desa/Kelurahan.

polres trenggalek

Posting Terkait