Keamanan Akan Terbina Melalui Kegiatan Poskamling di Lingkungan

132 views

Polres Trenggalek – Perkataan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani pada saat melakukan kegiatan sambang dengan warga di ( RT/ 9 ),  dusun krajan, desa Tenggaran melalui penyampaian perlunya situasi yang aman harus diawali dari tahap lingkungan dulu baru ke jenjang yang lebih luas dalam lingkup desa maupun wilayah yang lebih luas. Kegiatan dalam penyampaian dilakukan di Pos Kamling Karya Taruna dengan warga yang sedang beraktifitas dalam jaga malam selasa ( 27/3 ).

 

 

“Menjaga keamanan lingkungan dengan siskamling lebih efektif. Dulu, melalui acara-acara televisi sering kita lihat ketika ada suatu kejadian yang meresahkan, warga beramai-ramai berkumpul menjaga keamanan kampungnya, mengadakan siskamlimg. Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan upaya masyarakat dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban lingkungannya, juga sebagai cara untuk memberikan perlindungan dan pengamanan dengan mengutamakan pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat),” kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani.

 

 

Siskamling adalah bentuk komitmen masyarakat untuk bersama-sama merapatkan barisan menjaga lingkungannya. Dewasa ini kegiatan Siskamling telah pudar di tengah masyarakat, kepolisian negara jadi satu-satunya tumpuan untuk menjaga keamana wilayah. Padahal, mekanisme kerja Siskamling lebih efisien daripada kepolisian, dalam soal penjagaan keamanan kampung.

 

 

Menurutnya, lebih effisien karena warga sudah sangat hafal bagaimana seluk beluk wilayah mereka, juga Siskamling lebih responsif dalam masalah pencegahan potensi penyelusupan oleh orang-orang yang dapat menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat. Siskamling juga dapat mempererat tali silaturahmi antar para warga, warga dapat bercengkrama, tambah Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Marjani.

 

polres trenggalek

Posting Terkait