Kanit Intelkam Himbau Masyarakat agar Waspada Skimming ATM

127 views

Polres Trenggalek – Kanit Intelkam Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Jarni melakukan Pulbaket sembari menghimbau para masyarakat agar waspada terhadap penipuan dan pencurian uang di ATM melalui tehnik Skimming, Jum’at (16/03/2018).

Di jaman serba modern seperti sekarang ini, melakukan pembayaran melalui transaksi online atau kartu kredit / debit dianggap lebih aman dan mudah daripada harus repot-repot membawa uang tunai karena beresiko dirampok.

Namun kartu kredit atau debit juga tak lepas dari ancaman kejahatan. Ada teknik penipuan yang lebih canggih dan berbahaya, Teknik penipuan ini dikenal dengan nama card skimming.

Card skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. Skimming adalah salah satu jenis penipuan phishing.

Pelaku bisa mendapatkan data nomor kartu kredit atau debit korban menggunakan metode sederhana seperti halnya fotokopi atau metode yang lebih canggih seperti menggunakan perangkat elektronik kecil (skimmer) untuk menggesek kartu lalu menyimpan ratusan nomor kartu kredit korban.

Tujuan pelaku melakukan penipuan ini adalah untuk mencuri rincian data sehingga mereka dapat mengakses rekening korban. Modus penipuannya biasanya dengan menggesekkan kartu kredit atau debit melalui card reader untuk merekam informasi dari strip magnetik kartu dan menguras uang yang berada di ATM korban.

“Jangan mudah memberitahukan PIN kita kepada orang lain dan waspadai ketika melakukan transaksi di mesin ATM yang mencurigakan / terdapat kerusakan pada mesin, dang anti PIN kita secara berkala guna mencegah Skimming” ujar Kanit Intelkam Polsek Kampak Polres Trenggalek Aiptu Jarni.

polres trenggalek

Posting Terkait