Kanit Binmas Polsek Karangan, Beri Penyuluhan Narkoba, Kenakalan Remaja Dan Peraturan Lalu Lintas Di Sekolah SMPN

77 views

Polres Trenggalek – Di era globlalisasi sekarang  ini pengaruh negatif pergaulan bebas berpengaruh buruk kepada generasi muda Indonesia terutama yang sekarang ini marak beredar penggunaan narkoba di masyarakat yang bisa mengancam kelangsungan hidup suatu generasi bangsa. Dampaknya bisa mengarah ke kenakalan remaja dan tindakan kriminal.

Berawal dari keprihatinan  ini  Kapolsek Karangan, Polres Trenggalek AKP Sutrisno, S.H. memerintahkan Kanit Binmas Polsek Karangan Bripka Suwaji untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan ke SMPN 2 Karangan. Senin (15/5).

Menyadari hal itu bisa merebak di kalangan pemuda dan pelajar di wilayah Karangan, bertempat di Aula Sekolah SMPN 2  Karangan Bripka Suwaji memberikan penyuluhan kepada siswa/ siswi SMPN 2 Karangan.

Diinformasikan bahwa saat ini banyak berkeliaran pengedar narkoba yang menawarkan barangnya dengan berbagai cara dengan sasaran para pelajar atau generasi muda.

Karena itu kita jangan sampai terjebak dengan bujuk rayu dan imiming – iming mereka untuk sekedar mencoba mencicipi barang haram tersebut.

“Yang penting adik – adik sekalipun jangan sampai memegang apalagi mencicipi ini sangat berbahaya,” terang Bripka Suwaji.

Lebih lanjut diterangkan apabila ada orang asing atau yang belum kita kenal atau siapa saja menawarkan rokok, minuman, makanan atau berupa permen jangan sampai mau menerima karena boleh jadi itu suatu pancingan yang didalamnya ada kandungan narkoba.  Nanti diawali sekali mencicipi lama – lama ketagihan itu sangat berbahaya. Dan itu yang dikehendaki para pengedar.

Selain masalah narkoba diterangkan juga masalah peraturan lalu lintas bahwa saat ini sedang dilaksanakan Operasi Patuh Semeru 2017 yang sasaranya pelanggar lalu lintas yang bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Saya yakin adik – adik siswa semua belum memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi) karena umurnya masih dibawah 17 tahun, maka dari itu secara hukum belum diperbolehkan menggendarai kendraan,” terang Bripka Suwaji.

Bagi yang memang terpaksa mengendarai sepeda motor karena berbagai alasan pada prinsipnya memang tidak boleh, disarankan apa bila di jalan umum ada pemeriksaan kendaraan bermotor atau razia, jangan sekali – kali balik kanan secara mendadak karena menghindari razia tersebut.

“Begitu anda membelok balik arah secara mendadak tanpa melihat situasi, bisa di tabrak kendaraan lain dari belakang dan itu bisa terjadi kecelakaan lalu lintas yang sangat fatal,” tutur Bripka Suwaji.

Para siswa – siswi sangat antusias mengikuti penyuluhan ini dan ternyata banyak yang belum tahu apa itu narkoba, dengan adanya pertanyaan dari para siswa.

Pada kesempatan terpisah Kapolsek Karangan PolresTrenggalek menuturkan penyuluhan dan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memperluas informasi kepada siswa – siswi akan bahaya narkoba yang bisa mengakibatkan hancurnya masadepan generasi muda yang merupakan penerus perjuangan bangsa.

 

polres trenggalek

Posting Terkait