Iptu Suraji,S.H : Kalau Kita Tidak Sering Bertemu Mana Mungkin Informasi Didapat

122 views

Polres Trenggalek – Penekanan anggota untuk terjun langsung ke masyarakat menjadi keharusan Bhabinkamtibmas, itu yang disampaikan Kapolsek Pule,  dalam kegiatan berlatih kembali di mako Polsek Pule Polres Trenggalek, Rabu (26/4). Dengan melakukan kegiatan sambang, door to door sistem (DDS), anggota harus bisa menggali informasi di desa binaannya.

Segala bentuk informasi Ipoleksosbud(Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya) tentunya bisa didapatkan dengan terlibat langsung dimasyarakat. Selain untuk mendapatkan sumber informasi, terjun langsung dengan berkomunikasi secara intensif terhadap salah satu organisasi, tokoh pemuda, tokoh agama, berguna juga sebagai upaya monitoring kamtibmas.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Pule juga menambahkan untuk melakukan Problem Solving terhadap kejadian-kejadian yang kwalifikasinya ringan dengan unsur tiga pilar di desa, disini peran seorang Bhabinkamtibmas. Polisi sebagai penengah dalam perkara, sehingga bisa memutuskan kesepakatan dan perdamaian, yang tidak berlanjut di pengadilan, biasa disebut Ultimum Remidum atau juga Restorative Justice.

“Saya tekankan untuk anggota cari informasi dan galang tokoh – tokoh yang ada di desanya, karena makin dekat kita dimasyarakat informasi akan mudah kita dapatkan”. Kata Iptu Suraji, S.H.

polres trenggalek

Posting Terkait